4 Makanan untuk penderita diabetes yang bisa jadi pilihan

Jumat, 05 November 2021 | 12:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Makanan untuk penderita diabetes yang bisa jadi pilihan

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami cocok dijadikan makanan untuk penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Bagi penderita diabetes, mengatur makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari merupakan hal penting. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak makanan untuk penderita diabetes yang mudah untuk Anda coba.

Selain menurunkan gula darah, pilihlah makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan jumlah kolesterol. Dengan begitu, risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantungdan stroke, dapat Anda hindari.

Meski mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini cukup mudah, bukan berarti Anda bisa tidak mengunjungi dokter, ya. Berbicara dengan dokter tetap penting dilakukan supaya kesehatan tubuh Anda selalu terpantau.

Buah dan sayur

Laman Diabetes UK menyebutkan, penderita diabetes perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain Anda konsumsi saat jadwal makan berat, buah dan sayur juga bisa Anda gunakan sebagai cemilan untuk diabetes.

Buah dan sayur dipenuhi dengan vitamin dan mineral yang juga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda tak perlu pusing memikirkan kandungan gula dalam buah dan sayur karena gula tersebut adalah alami sehingga tak membahayakan tubuh.

Baca Juga: Mengontrol gula darah. begini cara aman konsumsi ubi jalar untuk penderita diabetes

Yogurt

Yogurt bisa jadi makanan untuk penderita diabetes.

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah yogurt. Namun, pastikan untuk memilih produk olahan susu tersebut yang tidak mengandung banyak pemanis tambahan, ya. Anda bisa mengombinasikan yogurt dengan buah, sayur, dan jenis makanan lain yang baik untuk Anda.

Pilih karbo yang sehat

Karbohidrat memang berpengaruh pada jumlah gula darah dalam tubuh. Tapi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan keberadaan karbohidrat. Mengutip dari Diabetes UK, Anda bisa memilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat baik.

Beberapa jenis sumber karbohidrat yang bisa Anda jadikan pilihan adalah nasi cokelat, oatmeal, buah, sayur, dan produk olahan susu tanpa pemanis. Selain memilih sumber karbohidrat yang tepat, penting pula bagi Anda untuk mengatur konsumsinya dalam porsi yang tak terlalu besar.

Baca Juga: Efektif mengatasi asam urat, ini manfaat daun sukun untuk kesehatan

Pilih lemak sehat

Alpukat termasuk makanan untuk penderita diabetes karena mengandung lemak sehat.

Sama seperti karbohidrat, makanan untuk penderita diabetes juga perlu memerhatikan jenis lemak yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, nutrisi yang berguna untuk memproduksi energi masih bisa terpenuhi.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung lemak sehat. Mulai dari kacang, biji, alpukat, minyak zaitun, lemak ikan, dan lain-lain. Hindari konsumsi sumber lemak tak sehat, seperti butter, biskuit, daging merah, atau daging olahan.

Selanjutnya: Tidak ingin menderita ambeien? Hindari melakukan 7 kebiasaan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru