4 Kebiasaan Hidup untuk Mengecilkan Perut Buncit, Lakukan Secara Rutin

Selasa, 19 April 2022 | 03:55 WIB Sumber: Kompas.com
4 Kebiasaan Hidup untuk Mengecilkan Perut Buncit, Lakukan Secara Rutin

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Timbunan lemak menyebabkan perut buncit. Lalu bagaimana cara menghilangkan lemak di perut sekaligus mengecilkan perut buncit?

Lemak memang berfungsi sebagai sumber energi dan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika jumlahnya berlebihan -seperti lemak visceral di perut- akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang serius.

Perlu diketahui bahwa lemak visceral merupakan jenis lemak yang letaknya berada di usus, hati, dan lambung. Jika dibiarkan dan tidak segera dihilangkan, lemak visceral dapat mengakibatkan stroke hingga serangan jantung.

"Lemak tidak hanya menyimpan kalori. Itu adalah jaringan hidup yang mampu memproduksi dan melepaskan hormon yang memengaruhi organ yang lain."

Hal tersebut dijelaskan ahli diet terdaftar dari MyFitnessPal, Trinh Le. "Memiliki lebih banyak lemak visceral dapat meningkatkan LDL atau kolesterol 'jahat' dan tekanan darah," kata dia.

Le menjelaskan, lemak visceral juga mengakibatkan tubuh kurang sensitif terhadap insulin. Konsekuensinya adalah risiko diabetes tipe-2 akan meningkat.

Kebiasaan untuk mengecilkan perut buncit

Walau berisiko tinggi mengganggu kesehatan, ternyata lemak visceral bisa dicegah dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat berikut ini.

1. Kurangi kalori

Kebiasaan pertama untuk mengecilkan perut buncit adalah mengurangi kalori. Disarankan untuk tidak mengasup banyak kalori apabila ingin memiliki perut dalam kondisi ideal. “Ketika kita meminum kalori, terutama dengan soda atau jus, kita tidak merasa kenyang atau puas dibandingkan dengan mengunyah kalori tersebut,” kata dokter dari Cleveland Clinic, David Creel.

"Misalnya, Anda mungkin makan tiga jeruk dengan jumlah kalori yang sama dengan segelas besar jus jeruk dan merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama."

Baca Juga: Simak 8 Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan dan Mudah Dilakukan

2. Tidur yang cukup

Kebiasaan kedua untuk mengecilkan perut buncit adalah memiliki jam tidur yang cukup. Kurangnya durasi tidur telah dikaitkan dengan risiko mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, kita disarankan tidur selama tujuh jam semalam untuk membantu menghilangkan lemak perut.

"Tidur lebih banyak, kurangi stres. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi untuk menjaga tubuh fisik Anda, Anda harus menjaga kondisi mental Anda," kata Le.

"Kurang tidur dan stres dapat mengganggu kesehatan dan kebugaran, jadi pelajari lebih lanjut tentang istirahat malam yang berkualitas dan gunakan meditasi atau yoga untuk menenangkan pikiran Anda."

"Ingat, ini bukan hanya tentang kesehatan kita. Ini juga tentang kebahagiaan kita," tambahnya.

3. Hindari stres

Kebiasaan kedua untuk mengecilkan perut buncit adalah menghindari stres. Stres tidak hanya mengganggu pikiran dan membuat bad mood, tetapi juga meningkatkan produksi hormon kortisol.

Jika hal itu terjadi maka nafsu makan tidak terkontrol dan menimbulkan dorongan untuk memakan makanan tidak sehat. "Sementara kadar kortisol berperan, masalah yang lebih besar adalah ketika kita lebih stres, kita cenderung kurang memperhatikan makan kita," kata Creel.

"Adalah hal yang umum bagi orang untuk melampiaskan ke makanan atau untuk mengalihkan perhatian mereka dari keadaan hidup yang penuh tekanan."

4. Latihan kekuatan

Kebiasaan keempat untuk mengecilkan perut buncit adalah melakukan latihan kekuatan. Kebanyakan orang memilih untuk berlari sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Akan tetapi, berlari bukanlah satu-satunya solusi dan bisa diganti dengan latihan kekuatan sebagai alternatif.

Hal itu dikatakan oleh ahli fisiologi dari University of New South Wales, Dr. Mandy Hagstrom. "Temuan kami menunjukkan bahwa latihan kekuatan menyebabkan hilangnya lemak tubuh yang menguntungkan tanpa harus berdiet atau berlari," ujar Dr. Mandy.

Cara mengukur kadar lemak visceral

Walau lemak visceral berada di dalam perut, kita masih bisa mengukur seberapa banyak jumlahnya menggunakan pita ukur. Dengan begitu kita bisa mengetahui kondisi tubuh dan mencegah risiko terburuk yang diakibatkan oleh lemak visceral.

Saran tersebut diberikan oleh asisten profesor klinis endokrinologi Stanford University, Julie Chen. "Letakkan pita pengukur di sekitar pusar dan sejajarkan sisi di bagian atas tulang pinggul," kata dia.

"Untuk pria, ukuran pinggang 101 centimeter tandanya terlalu banyak lemak visceral. Untuk wanita, ukuran pinggang 89 centimeter dianggap berisiko tinggi," sambung Chen.

Itulah berbagai kebiasaan  yang perlu dilakukan untuk mengecilkan perut buncit. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Sehat yang Bisa Mengecilkan Perut, Apa Saja?",


Penulis : Yefta Christopherus Asia Sanjaya
Editor : Glori K. Wadrianto

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru