4 Gejala Kanker Usus yang Patut Diwaspadai, Mulai dari Sakit Perut

Kamis, 08 September 2022 | 05:04 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Gejala Kanker Usus yang Patut Diwaspadai, Mulai dari Sakit Perut

ILUSTRASI. Kanker usus


KONTAN.CO.ID - Kanker usus adalah salah satu penyakit berbahaya yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Ada beberapa gejala kanker usus yang patut untuk diwaspadai.

Maka dari itu, Mengenali gejala-gejala kanker usus penting untuk dilakukan. Hal tersebut agar Anda dapat melakukan pencegahan serta pengobatan lebih cepat sebelum kondisi semakin memburuk. 

Umumnya, kanker usus dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti usia yang sudah mulai menua, komplikasi penyakit lain, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, alkokol, merokok dan berbagai pola hidup yang kurang sehat lainnya.

Baca Juga: Waspada 6 Penyebab Kolesterol Tinggi, Bisa Bermula Dari Pola Makan Tidak Sehat

Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang berisiko berkaitan dengan kanker usus, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter atau tenaga medis terdekat.

Melansir dari Cleveland Clinic, simak beberapa gejala kanker usus yang perlu diwaspadai, di antaranya:

1. Sakit Perut

Sakit perut mungkin adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika Anda mengalami sakit perut dalam frekuensi yang relatif sering harus sedikit waspada karena bisa saja itu adalah gejala kanker usu. Apalagi jika mengalami rasa sakit setelah mengkonsumsi makanan.

2. Kebiasaan Buang Air Besar

Dilansir dari Cleveland Clinic, kebiasaan buang air besar cenderung berubah jika Anda mengalami gejala kanker usus. Di satu waktu mungkin Anda akan kesulitan buang air besar atau sembelit, begitupun sebaliknya terkadang Anda juga akan mengalami diare. Jika mengalami hal tersebut segera untuk periksa ke dokter untuk mengetahui hal yang Anda alami.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Big Match Man Pekan 7 Man City vs Tottenham Hotspur

3. Feses Berdarah

Feser yang bercampur dengan darah juga menjadi salah satu gejala kanker usus yang perlu Anda waspadai. Meski demikian, hal tersebut bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya. Namun, Anda harus tetap waspada karena feses berdarah sudah menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh Anda.

4. Anemia

Gejala kanker usus selanjutnya yaitu anemia. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah yang membuat distribusi oksigen dalam darah tidak berjalan semestinya. Hal tersebut juga menimbulkan gejala lain seperti mual, pusing, sesak napas dan lain-lain. Segeralah periksa ke dokter sebelum gejala kanker usus yang dialami bisa segera ditangani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru