kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Gejala Diabetes di Jari dan Kuku Tangan, Kenali Sebelum Terlambat


Selasa, 25 Oktober 2022 / 07:52 WIB
4 Gejala Diabetes di Jari dan Kuku Tangan, Kenali Sebelum Terlambat
ILUSTRASI. Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) tinggi di dalam aliran darah.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyakit yang disebut silent killer adalah diabetes. Penyakit ini kerap dikenal dengan silent killer karena penderitanya sering tidak merasakan gejala apa-apa. Dapat dikatakan, diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) tinggi di dalam aliran darah. 

Menurut Mayo Clinic, penyebab diabetes bervariasi sesuai dengan jenisnya. Namun, pada umumnya, penyebab utama diabetes adalah kelebihan gula di dalam darah.  

Kendati demikian, ada beberapa gejala diabetes yang umumnya dirasakan oleh penderita, salah satunya yang muncul di jari hingga kuku tangan. 

Gejala diabetes di tangan 

Dikutip dari laman The Sun, para ahli menyebutkan bahwa gejala diabetes tipe 2 bisa diwaspadai melalui perubahan kondisi di jari dan kuku tangan. 

1. Jari terkunci 

Studi terbaru menemukan bahwa penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 lebih mungkin mengalami jari terkunci atau dikenal sebagai trigger finger. Trigger finger terjadi ketika jari berada di posisi bengkok dan sulit untuk diluruskan. 

Biasanya sering terjadi di jari manis dan ibu jari. Jika kondisinya menyakitkan, dapat diobati dengan suntikan kortison. Namun, di beberapa kasus bisa juga memerlukan pembedahan. 

Para ahli di Universitas Lund menemukan bahwa gejala ini meningkat dalam kasus penderita gula darah tinggi. 

Baca Juga: 10 Tanda-tanda Anda Mengidap Gula Darah Tinggi atau Diabetes, Wajib Waspada

2. Warna merah di sekitar kuku 

Gejala diabetes berikutnya adalah warna kemerahan di sekitar kuku. Penelitian sebelumnya menemukan, orang yang menderita diabetes sering mengalami masalah dengan sirkulasi. Akibatnya, muncul kemerahan di sekitar kuku mereka. 

Tak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan kutikula dan seberapa pas kuku berada di dalam dasar kuku Anda. 

3. Muncul lekukan di kuku 

Beberapa orang yang menderita penyakit kronis, termasuk diabetes, akan memiliki garis lekukan di kuku mereka. Gejala ini juga mungkin terjadi di kuku kaki penderita diabetes. 

Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung Koroner, Faktor Risiko, serta Cara Mencegahnya




TERBARU

[X]
×