4 Ciri-ciri tubuh terinfeksi virus corona varian Delta

Selasa, 27 Juli 2021 | 14:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Ciri-ciri tubuh terinfeksi virus corona varian Delta

ILUSTRASI. 4 Ciri-ciri tubuh terinfeksi virus corona varian Delta. KONTAN/Fransiskus Simbolon.

KONTAN.CO.ID - Seiring berjalannya waktu, ada beberapa perubahan terkait infeksi virus corona. Salah satunya adalah gejala Covid-19 yang bisa Anda alami. Dengan mewaspadai ciri-ciri tubuh terinfeksi, Anda bisa segera mendapat perawatan yang tepat.

Supaya tubuh Anda terhindar dari infeksi virus corona, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama-tama, hindari tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi.

Jika Anda memang harus pergi ke tempat tersebut, pastikan untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan menjaga kebersihan tangan.

Selain itu, penting pula bagi Anda untuk mendapat vaksin Covid-19. Vaksin memang tidak membuat tubuh Anda kebal, tapi bisa memberikan proteksi lebih. Mendapat vaksin bisa meringankan beberapa gejala ini dan menurunkan risiko kematian.

Sakit kepala

Mengutip dari Eatthis.com, virus corona bisa menyebabkan inflamasi dan masalah neurologis. Hal itulah yang membuat Anda mengalami sakit kepala.

Sakit kepala akibat infeksi Covid-19 biasanya ditandai dengan rasa nyeri berlebih, terjadi di salah satu atau kedua sisi kepala, dan berlangsung lebih dari tiga hari.

Baca Juga: Penelitian terbaru, inilah orang yang berisiko tinggi mengalami long Covid

Pilek

Virus corona juga bisa menyebabkan pilek, lo. Menurut data yang dimiliki Zoe Covid Symptom Study, kondisi itu sering dialami oleh banyak orang. Jadi, sebaiknya Anda memerhatikan kondisi tubuh saat Anda pilek.

Bersin

Salah satu gejala virus corona yang sebelumnya tak dialami oleh banyak orang adalah bersin. Namun, kondisi itu lebih banyak dialami oleh mereka yang sudah divaksin.

Jika Anda bersin secara terus-menerus setelah divaksin, sebaiknya segera hubungi tenaga kesehatan. Apalagi, jika Anda baru saja melakukan kontak dekat dengan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski demikian, bersin juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan yang lainnya.

Baca Juga: Begini gambaran hidup bersama virus Covid-19, jika corona tak bisa hilang

Sakit tenggorokan

Salah satu gejala Virus Corona adalah sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan jadi gejala virus corona lainnya yang bisa Anda alami. Melansir Eatthis.com, Anda perlu waspada jika sakit tenggorokan dibarengi dengan ciri-ciri yang lain. Misalnya, demam, batuk.

Selanjutnya: Ketahui 4 gejala penyakit jamur hitam pasca Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru