4 Ciri-Ciri Penyakit Liver yang Perlu Anda Waspadai

Rabu, 21 September 2022 | 13:55 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Ciri-Ciri Penyakit Liver yang Perlu Anda Waspadai

ILUSTRASI. Ciri-ciri penyakit liver yang perlu Anda waspadai.


KONTAN.CO.ID - Penyakit liver adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup membahayakan. Ada beberapa ciri-ciri penyakit liver yang perlu Anda waspadai biar bisa segera melakukan pengobatan.

Pasalnya, jika segera ditangani, penyakit liver berisiko mengganggu fungsi tubuh lainnya. Bahkan, tidak menutupkan kemungkinan muncul berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Kalau Anda mengalami ciri atau gejala penyakit liver, jangan ragu untuk segera memeriksanya ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa segera mendiagnosa dan memberikan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan, Mulai dari Jantung Hingga Menurunkan Berat Badan

Salah satu ciri umum penyakit liver yang kerap dialami adalah tubuh menguning. Sebab, fungsi liver tidak berjalan semestinya. Salah satunya, racun dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan karena fungsi liver yang terganggu.

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, simak ciri-ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai: 

1. Pembengkakan liver

Salah satu ciri-ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai adalah pembengkakan liver. Ini akan menyebabkan liver tidak berfungsi dengan baik.

Apabila mengalami hal tersebut, Anda akan cenderung merasa lebih kenyang dari biasanya.

Baca Juga: Daftar 5 Makanan yang Dapat Menambah Berat Badan Secara Alami dan Aman Dikonsumsi

2. Asites

Ciri-ciri penyakit liver selanjutnya adalah asites. Biasanya ditandai dengan peninbunan cairan di liver dan usus yang memenuhi rongga mulut. Alhasil, kerap menimbulkan sesak napas yang mungkin Anda alami.

3. Hipertensi portal

Hipertensi portal juga menjadi salah satu ciri-ciri penyakit liver yang perlu untuk diwaspadai. Hipertensi portal adalah tekanan darah tinggi yang berada di pembuluh darah vena yang ada liver. 

Saat mengalami hipertensi portal, pembuluh darah Anda tersumbat sehingga aliran darah dari dan menuju liver menjadi terganggu.

Baca Juga: Y2Mate dan Cara Download Convert Video Youtube Menjadi MP3 Gratis

4. Ensefalopati

Ciri-ciri penyakit liver yang tak boleh terlewatkan yaitu ensefalopati. Yakni, kondisi saat fungsi otak dan sistem saraf terganggu akibat terlalu banyak racun di dalam tubuh.

Hal tersebut karena fungsi liver yang tidak berjalan semestinya. Oleh sebab itu, ensefalopati adalah salah satu ciri penyakit liver yang perlu diwaspadai.

Selanjutnya: AS Menyambut Baik Komentar Modi Terkait Perdamaian Antara Rusia-Ukraina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru