4 Cara menurunkan gula darah, tidak menggunakan obat

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 07:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menurunkan gula darah, tidak menggunakan obat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara menurunkan gula darah penting untuk segera Anda lakukan. Tentu saja tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Ada beberapa gejala diabetes yang dapat Anda alami. Mulai dari sering buang air kecil, kulit terasa kering dan gatal, pandangan mengabur, serta luka yang sulit sembuh. Tentu saja Anda perlu mewaspadai ciri-ciri diabetes tersebut.

Sebagai catatan, mengonsumsi bahan alami ini hanya sebagai pelengkap, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat. Mengonsultasikan bahan-bahan alami ini terlebih dahulu dengan dokter pun merupakan langkah tepat yang bisa Anda coba.

Daun Mangga

Tahukah Anda bahwa daun mangga dapat dimanfaatkan sebagai cara menurunkan gula darah? Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Anda perlu merebus beberapa lembar daun mangga selama 15 menit. Selanjutnya, saring lalu minum air rebusan itu di pagi hari saat perut masih kosong.

Baca Juga: 6 Jenis teh yang bisa diminum untuk turunkan kadar gula darah

Jahe

Obat diabetes alami berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah jahe. Kandungan dalam jenis rempah itu mampu mengontrol insulin dalam tubuh sehingga jumlah gula darah menjadi lebih terkontrol pula.

Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Pertama, rebus irisan jahe dalam air selama lima menit atau sampi mendidih. Setelah itu, diamkan sebentar, saring, lalu minum air rebusan jahe. Untuk mendapat hasil maksimal, usahakan untuk minum air jahe sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Lidah Buaya

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan gula darah, maka tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada lidah buaya. Anda hanya perlu minum jus lidah buaya sebanyak dua kali dalam sehari. Namun, pastikan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: 5 Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, bisa Anda coba

Kayu Manis

Salah satu cara menurunkan gula darah adalah dengan mengonsumsi kayu manis.

Obat gula darah herbal berikutnya yang direkomendasikan oleh E Times adalah kayu manis. Jenis rempah itu mampu memicu aktivitas insulin dalam tubuh. Dengan begitu, jumlah gula darah dalam tubuh dapat turun.

Menurut sebuah penelitian, kandungan dalam kayu manis juga bisa menurunkan stres oksidatif sehingga baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Anda bisa mencampur kayu manis dengan air hangat, teh, atau smoothie. Pastikan untuk rutin mengonsumsinya agar hasilnya terasa.

Selanjutnya: 5 Cara diet alami untuk mendapat berat badan ideal, bukan cuma olahraga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru