4 Cara menurunkan gula darah ini mudah untuk dicoba, lo

Senin, 31 Mei 2021 | 10:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menurunkan gula darah ini mudah untuk dicoba, lo

ILUSTRASI. Selain mengunjungi dokter, ada banyak cara menurunkan gula darah yang bisa Anda coba di rumah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah gula darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat mengakibatkan Anda mengalami diabetes. Tentu saja hal itu tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda mengalaminya, ada banyak cara menurunkan gula darah.

Pertama, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Misalnya, makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, alkohol, susu sapi, dan lain sebagainya. Susu sapi dapat mengganggu sistem imun tubuh yang mana berpengaruh pada jumlah gula darah.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kambing. Jenis susu itu justru mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk menjaga jumlah gula darah.

Konsumsi Lidah Buaya

Supaya jumlah gula darah dalam tubuh lebih terkontrol, tak ada salahnya untuk mengonsumsi lidah buaya. Efek tersebut berasal dari kandungan dalam lidah buaya yang berperan sebagai antiinflamasi. Cobalah untuk mengonsumsi bahan alami ini secara rutin.

Baca Juga: 5 Bahan alami ini bisa dipakai sebagai obat hipertensi

Turunkan Berat Badan

Cara menurunkan gula darah selanjutnya adalah dengan menurunkan berat badan. Berat badan berlebih dapat meningkatkan inflamasi dan resistensi insulin sehingga risiko diabetes pun bertambah. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda praktikkan, mulai dari jogging, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok termasuk salah satu cara menurunkan gula darah.

E Times merekomendasikan Anda untuk berhenti merokok supaya jumlah gula darah dalam tubuh tak terlalu tinggi. Risiko diabetes meningkat hingga 61% pada orang-orang yang menghisap lebih dari 20 rokok per hari. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Tidak hanya mengobati asam lambung, ini manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Konsumsi Kayu Manis

Cara menurunkan gula darah lainnya yang bisa Anda praktikkan adalah dengan rutin mengonsumsi kayu manis. Senyawa yang terkandung dalam kayu manis efektif melawan risiko diabetes. Tak hanya itu, kayu manis juga mampu menstimulasi aktivitas insulin sehingga jumlah gula darah pun bisa terkontrol.

Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsi kayu manis dalam jumlah yang berlebihan. Salah satu senyawa dalam kayu manis yang bernama coumarin dapat mengganggu fungsi liver sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi kayu manis, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Pertama, konsumsi 1 sdt bubuk kayu manis yang ditambah dengan sedikit air sebanyak satu kali dalam sehari. Kedua, konsumsi air rebusan kayu manis setiap hari.

Selanjutnya: 4 Jenis jamur yang efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru