4 Cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa Anda lakukan

Jumat, 26 Februari 2021 | 12:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa Anda lakukan

ILUSTRASI. Ada beberapa cara meningkatkan hormon progesteron yang bisa Anda lakukan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - Hormon progesteron adalah hormon reproduksi wanita yang berfungsi untuk produksi sel telur dan proses pembuahannya. Maka dari itu, jenis hormon tersebut sangat berpengaruh pada menstruasi atau kehamilan.

Ada banyak hal yang bisa terjadi saat tubuh kekurangan progesteron. Salah satunya adalah mengganggu proses kehamilan Anda. Beberapa gejala tubuh kekurangan jenis hormon itu adalah sakit kepala, perubahan mood, dan siklus menstruasi yang tidak lancar.

Supaya hal itu tak terjadi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah hormon progesteron. Tentu saja Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter agar masalah pada tubuh Anda bisa diatasi secara efektif.

Krim

Situs Healthline menyebutkan, salah satu cara untuk meningkatkan jumlah progesteron adalah dengan memakai krim. Kandungan dalam krim akan terserap kulit dan masuk ke aliran darah sehingga produksi progesteron akan meningkat.

Setiap orang membutuhkan intruksi penggunaan yang berbeda-beda. Umumnya, krim diaplikasikan di pergelangan tangan atau perut sebanyak dua kali dalam sehari. Supaya tidak salah pilih, konsultasikan dulu ke dokter tentang produk krim mana yang bisa Anda pakai.

Baca Juga: Catat, ini 4 cara meningkatkan imun tubuh yang perlu Anda coba

Pil

Selain krim, cara meningkatkan hormon progesteron juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi pil. Namun, karena liver memecah pil tersebut lebih cepat, jumlah pil yang Anda butuhkan bisa lebih banyak dibanding Anda menggunakan krim.

Jenis makanan tertentu

Mengonsumsi brokoli bisa jadi cara meningkatkan hormon progesteron.

Tidak hanya memakai krim dan pil, jumlah progesteron juga bisa meningkat saat Anda mengonsumsi jenis makanan tertentu, lo. Cobalah untuk mengonsumsi brokoli, kubis, labu, bayam, atau kecambah secara rutin.

Jenis makanan itu dapat menstimulus tubuh untuk memproduksi lebih banyak progesteron. Supaya jumlah progesteron dan estrogen lebih seimbang, Anda pun dapat memilih pisang atau kerang untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga: Jurus menghilangkan nyeri haid ini bisa Anda coba dengan mudah

Kontrol berat badan

Mengutip dari Healthline, berat badan berlebih membuat jumlah estrogen lebih banyak. Artinya, Anda perlu mengontrol berat badan supaya jumlah hormon dalam tubuh Anda lebih seimbang.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan. Mulai dari rajin olahraga hingga mengatur makanan yang Anda konsumsi.

Jika kesulitan untuk melakukannya, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dokter agar mendapat program diet yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi obat telat datang bulan, bisa dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru