Kesehatan Umum

4 Cara mengobati sakit mata, bisa pakai bahan-bahan alami

Jumat, 21 Agustus 2020 | 10:10 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara mengobati sakit mata, bisa pakai bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa Anda pakai sebagai cara mengobati sakit mata. Kompas/Agus Susanto 7-5-2011


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segera melakukan pengobatan sakit mata bisa jadi langkah tepat agar kondisi kesehatan tidak terancam. Ada banyak hal yang menyebabkan sakit mata. Mulai dari penggunaan kacamata yang tidak sesuai, infeksi virus, menatap layar gawai terlalu lama, mengucek mata terlalu kasar, dan lain-lain.

Mengutip Vision ICL (us.discovericl.com), 5 juta orang Amerika sakit mata. Sebanyak 40% di antaranya mengatakan bahwa gejala sakit mata dirasakan di kegiatan sehari-hari. Cara mengobati sakit mata tentu saja penting. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai pilihan.

Air Dingin

Cara mengobati sakit mata yang bisa langsung Anda lakukan adalah dengan air dingin. Cuci mata dengan air dingin. Jika mata masih terasa sakit, Anda bisa mengompres mata menggunakan es batu atau frozen food yang telah dibalut dengan handuk lembut.

Baca Juga: Selain vitamin B12, vitamin-vitamin ini juga penting untuk tubuh lho

Timun

Cara mengobati sakit mata selanjutnya bisa dengan timun. Sakit dan iritasi yang Anda rasakan bisa berkurang dengan meletakkan irisan timus di atas mata yang tertutup. Anda bisa merendam irisan timun dalam air dingin terlebih dahulu selama 10 menit.

Air Mawar

Manfaat air mawar juga bisa dipakai sebagai cara mengobati sakit mata, lo. Caranya, celupkan kapas bersih dalam air mawar. Kemudian, letakkan kapas tersebut di atas kelopak mata yang tertutup. Vision ICL mengatakan bahwa Anda juga bisa menggunakan air mawar sebagai obat tetes mata.

Sendok Logam

Memakai sendok logam bisa jadi cara selanjutnya untuk mengobati sakit mata. Anda perlu menyiapkan 4 sendok logam dan 4 gelas yang telah diisi air dingin. Rendam 4 sendok tersebut dalam air selama beberapa menit.

Baca Juga: Cara mengatasi sakit maag dengan tiga bahan alami

Setelah itu, kompres kedua mata dengan dua sendok logam. Jika sensasi dingin dari sendok logam yang Anda pakai mulai hilang, gantilah dengan sendok logam lain yang masih terendam.

Susu dan Madu

Vision ICL menyebutkan bahwa campuran susu hangat dan madu bisa digunakan sebagai obat tetes mata. Cara ini bisa dipakai agar rasa sakit mata hilang dan mata kembali terasa nyaman.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru