CLOSE [X]

4 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Bisa Jadi Pilihan

Senin, 17 Januari 2022 | 14:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Bisa Jadi Pilihan

ILUSTRASI. Kunyit bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.


KONTAN.CO.ID - Ada banyak jenis jerawat yang bisa Anda alami, salah satunya, jerawat batu. Jika Anda memilikinya, tak ada salahnya untuk memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Selain mudah didapat, bahan alami juga cukup aman untuk dipakai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika memakainya. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu untuk melihat reaksi alergi yang muncul.

Ada beraneka macam bahan alami yang bisa Anda pakai. Mulai dari kunyit hingga teh hijau. Cobalah untuk memakai bahan-bahan alami secara rutin supaya jerawat batu segera hilang dan kulit wajah menjadi lebih sehat.

Lidah buaya

Salah satu bahan alami yang cukup mudah untuk Anda temukan adalah lidah buaya. Bahan tersebut memiliki antibakteri, antiinflamasi, dan kandungan lain mampu mengobati jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang berjerawat.

Baca Juga: 5 Efek Samping Minyak Zaitun yang Wajib Anda Ketahui

Tea tree oil

Mengutip dari Emedi Health, tea tree oil bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Tea tree oil mengandung banyak antimikroba yang berfungsi mengobati jerawat batu di kulit wajah Anda.

Pertama, campur satu hingga dua tetes tea tree oil dengan air. Setelah itu, aplikasikan pada area kulit yang berjerawat. Jika jerawat batu muncul di bagian tubuh yang lain, Anda bisa mencampur tea tree oil ke dalam air yang Anda pakai untuk mandi.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Cek 5 Manfaat Pare Ini

Kunyit

Bahan alami lain yang cocok dijadikan cara menghilangkan jerawat batu adalah kunyit. Jenis rempah itu mengandung antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang baik digunakan sebagai obat jerawat.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Campur 1-2 sdt bubuk kunyit dengan air atau minyak wijen yang belum dimurnikan. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama satu jam lalu bilas dengan air.

Emedi Health merekomendasikan cara ini untuk dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Teh hijau

Teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat batu.

Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau efektif memecah dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, kemunculan jerawat batu bisa berkurang.

Tidak hanya itu, kandungan dalam teh hijau pun efektif menurunkan produksi sebum di kulit.

Anda perlu merebus kantung teh hijau selama tiga menit terlebih dahulu. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga kantung teh dingin lalu keluarkan teh dari dalam kantung.

Selanjutnya, campur teh tersebut dengan madu, aduk, lalu aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Kemudian, bilas dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru