Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan double chin, tertarik mencoba?

Kamis, 24 September 2020 | 10:49 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan double chin, tertarik mencoba?

ILUSTRASI. Ada beberapa cara menghilangkan double chin yang bisa Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang memiliki double chin atau lemak berlebih di bawah dagu. Hal itu bukanlah suatu masalah fatal, tapi cara menghilangkan double chin tetap perlu dilakukan agar penampilan terlihat lebih maksimal.

Ada banyak sekali penyebab munculnya double chin. Salah satu penyebab yang biasanya dikaitkan dengan double chin adalah obesitas. Penderita obesitas memiliki jumlah lemak berlebih dalam tubuh. Salah satu lokasi penyimpanan lemak berlebih itu adalah di bawah dagu dan di sekitar rahang.

Namun, tak hanya penderita obesitas yang bisa memiliki double chin. Mengutip dari Man of Many, double chin juga bisa disebabkan karena kulit yang menua. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit manusia bisa mengendur.

Hilangnya elastisitas kulit dikarenakan produksi kolagen di kulit yang menurun. Selain itu, pola hidup juga bisa mempercepat proses mengendurnya kulit. Misalnya, merokok, paparan sinar matahari, atau mengonsumsi makanan yang tak sehat.

Baca Juga: Diet tanpa nasi, manfaat dan risiko yang perlu Anda tahu

Selain obesitas dan kulit yang menua, penyebab double chin lainnya adalah struktur wajah dan postur tubuh sehari-hari. Anda bisa mengatasi masalah penyebab tersebut dengan cara menghilangkan double chin berikut.

Atur Menu Makan

Memerhatikan makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari perlu Anda lakukan untuk menghilangkan double chin. Pastikan Anda mengonsumsi makanan rendah kalori untuk menurunkan berat badan sehingga double chin juga ikut hilang.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Contohnya, sup tulang, kacang mete, ikan, dan buah-buahan asam. Jangan lupa untuk minum banyak air putih agar kulit tetap lembab dan elastis.

Olahraga

Rajin olahraga bisa jadi salah satu cara menghilangkan double chin.

Rutin melakukan olahraga bisa jadi cara menghilangkan double chin. Anda bisa memilih jenis olahraga apapun yang Anda sukai. Selain bisa menghilangkan double chin, rutin melakukan olahraga juga akan menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lipolisis

Cara menghilangkan double chin lainnya yang direkomendasikan oleh Man of Many adalah dengan melakukan lipolisis. Lipolisis merupakan proses penghilangan lemak menggunakan panas yang berasal dari laser.

Namun, lipolisis dilakukan hanya untuk menghilangkan lemak. Artinya, Anda tak bisa meningkatkan elastisitas kulit dengan prosedur ini.

Baca Juga: 5 olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan

Mesoterapi

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan double chin adalah menggunakan mesoterapi. Terapi ini menggunakan larutan penghancur lemak yang dimasukkan ke tubuh melalui suntikan.

Di Amerika, Food and Drug Administration menyetujui deoxycholic acid sebagai obat yang digunakan dalam mesoterapi. Selain menghancurkan lemak, cara ini juga bisa membantu tubuh untuk menyerap lemak.

Namun, mesoterapi tak bisa menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Man of Many mengatakan, double chin bisa hilang dengan 20 atau lebih suntikan deoxycholic acid.

Jika tak dilakukan dengan tepat, mesoterapi juga bisa mengganggu sistem saraf. Jadi, pastikan Anda melakukan terapi ini dengan dokter yang tepat.

Selanjutnya: Misteri tubuh manusia: 8 alasan kenapa Anda punya dagu berlipat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru