Kesehatan Umum

4 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

Senin, 28 September 2020 | 11:16 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan memakai ekstrak bawang merah. KONTAN/Baihaki/22/3/2020

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bekas luka sering kali membuat seseorang jadi tak percaya diri. Untuk mengatasi hal itu, cara menghilangkan bekas luka perlu dilakukan, apalagi jika luka muncul di bagian tubuh yang sering terlihat orang lain. Misalnya, tangan, wajah, atau kaki.

Sebenarnya, bekas luka bisa dicegah dengan perawatan luka yang benar. Pertama, selalu jaga kebersihan dan kelembaban luka. Anda bisa menggunakan krim pelembab agar luka tak meninggalkan bekas. Anda bisa menggunakan perban agar kebersihan luka tetap terjamin.

Selain itu, hindari paparan sinar matahari dengan rajin memakai sunscreen. Saat luka mulai mengering, jangan menggaruk atau melepas keropeng karena bisa membuat luka semakin berbekas. Jika bekas luka tetap ada, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut untuk menghilangkannya.

Vitamin C

Mengutip dari Bright Side, vitamin C adalah bahan alami untuk menghilangkan bekas luka. Jenis vitamin ini bisa meningkatkan produksi kolagen di bawah permukaan kulit sehingga bekas luka bisa cepat hilang.

Baca Juga: Ini cara menghilangkan bekas jerawat membandel menurut ahli dermatologi

Selain meningkatkan produksi kolagen, vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan elastisitas dan mengurangi kemerahan pada kulit yang luka. Anda bisa menggunakan vitamin C untuk menghilangkan luka dalam bentuk cairan yang diminum atau krim yang dioleskan pada bekas luka.

Minyak Kelapa

Sama seperti vitamin C, minyak kelapa juga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit karena mengandung lauric, capric acid, dan caprylic acid. Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan olive oil sebagai pengganti.

Olive oil mengandung vitamin yang berguna untuk melembabkan kulit sehingga luka bisa sembuh lebih cepat. Caranya, oleskan minyak kelapa atau olive oil pada bekas luka selama lima hingga 10 menit. Anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: ​Manfaat madu untuk wajah dan kulit serta cara menggunakannya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru