kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi mata merah ini mudah untuk dicoba, lo


Selasa, 06 Juli 2021 / 13:00 WIB
4 Cara mengatasi mata merah ini mudah untuk dicoba, lo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Mata merah terjadi karena pembuluh darah di sekitar mata iritasi dan mengalami pembengkakan. Ada banyak cara mengatasi mata merah yang bisa Anda coba. Misalnya, dengan memanfaatkan bahan alami.

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara mengobati mata merah, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan kondisi itu. Mengutip dari The Health Site, ada banyak faktor penyebab mata merah.

Mulai dari alergi, mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata. Beberapa cara di bawah ini bisa Anda praktikkan dengan mudah agar mata merah tak semakin parah.

Namun, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika mata merah dibarengi gejala yang lebih serius, seperti gatal dan sakit kepala.

Kantung teh

Cara mengatasi mata merah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan kantung teh, seperti teh hijau. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi sehingga efektif mengurangi kemerahan di mata.

Anda hanya perlu meletakkan kantung teh dingin di tiap mata selama 20 menit.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan kantung mata, efektif dan mudah dicoba

Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan The Health Site untuk menyembuhkan mata merah adalah lidah buaya. Sama seperti kantung teh, lidah buaya mengandung antiinflamasi dan antioksidan.

Jadi, iritasi penyebab mata merah bisa disembuhkan. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama-tama, campur gel lidah buaya dan air dengan perbandingan yang sama.

Celupkan kapas pada campuran itu lalu masukkan ke kulkas. Setelah dingin, aplikasikan kapas di atas mata yang tertutup selama 20-30 menit.

Timun

Mentimun bisa Anda pakai sebagai cara mengatasi mata merah.

Menggunakan timun juga bisa jadi salah satu cara mengatasi mata merah, lo. Jangan lupa untuk mendinginkan bahan alami itu terlebih dahulu, ya.

Suhu dingin yang keluar akan meredakan peradangan dan membuat mata menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Hati-hati, infeksi Covid-19 dapat sebabkan kebutaan

Susu dan madu

Cara mengatasi mata merah berikutnya adalah dengan mengkombinasikan susu dan madu. Dua bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi yang efektif meredakan peradangan sehingga mata merah bisa sembuh dengan lebih cepat.

Pertama-tama, campur 1 sdm susu hangat dan madu. Setelah teraduk rata, celupkan kapas lalu aplikasikan kapas itu di atas mata. Anda perlu mendiamkannya dulu selama minimal 30 menit kemudian bilas wajah dengan air.

Selanjutnya: Bisa dicegah, ini penyebab mata panda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×