4 Cara Mengatasi dan Menurunkan Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster

Senin, 28 Februari 2022 | 12:58 WIB Sumber: covid19.go.id,Kompas.com
4 Cara Mengatasi dan Menurunkan Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster

ILUSTRASI. 4 Cara Mengatasi dan Menurunkan Efek Samping Vaksin Covid-19 Booster


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah terus menggencarkan program vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster untuk masyarakat Indonesia. Seperti vaksinasi Covid-19 sebelumnya, vaksin booster menimbulkan sejumlah efek samping. Berikut sejumlah cara untuk mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster.

Program vaksin Covid-19 booster di Indonesia sudah dimulai sejak 12 Januari 2022. Hingga 27 Februari 2022, penerima vaksin Covid-19 booster mencapai 9.808.784 orang.

Untuk mendorong jumlah penerima vaksin Covid-19 booster, pemerintah telah mengubah syarat. Kini syarat mendapatkan vaksin Covid-19 booster adalah 3 bulan setelah vaksinasi dosis lengkap.

Sebelumnya, syarat vaksin Covid-19 booster adalah 6 bulan setelah vaksinasi dosis lengkap.

Baca Juga: Aturan Karantina Dari Luar Negeri Diperlonggar Mulai Besok (1/3), Ini Rinciannya

Cara mengurangi atau mengatasi efek samping vaksin Covid-19 booster

Dilansir dari Kompas.com, vaksin Covid-19 booster juga bisa menimbulkan efek samping seperti demam, kelelahan, sakit kepala, meriang, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Akan tetapi, efek samping vaksin Covid-19 booster tersebut berbeda-beda setiap orang.

Ada yang mengalami efek samping vaksin Covid-19 booster dalam hitungan hari. Nnamun ada juga yang tidak merasakan efek samping vaksin Covid-19 booster apapun.

Meski demikian, manfaat vaksin tentu lebih besar dibandingkan efek samping vaksin Covid-19 booster. Selain itu, efek samping dari vaksin Covid-19 booster juga bisa kita cegah atau kurangi.

Berikut cara mencegah atau mengurangi efek samping serius dari vaksin Covid-19 booster:

1. Minum air yang cukup

Cara pertama mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah minum air yang cukup. Menurut ahli kedokteran keluarga dari Westmed Medical Group, Nicholas Pantaleo, istirahat yang cukup dan minum air yang cukup selama satu hingga dua hari vaksin akan membantu mempercepat pemulihan efek vaksin.

Sebelum vaksin, Anda juga disarankan untuk menambah asupan air minum sebanyak satu liter akan sangat membantu untuk meminimalisir dampak vaksin. "Tetap tambah asupan cairan itu sampai dua hari usai vaksin," tambah Pantaleo. Untuk mempermudah, pertimbangkan untuk membeli botol air ekstra besar yang dapat digunakan kembali setelah vaksin.

2. Hindari aktivitas berat

Cara kedua mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah menghindari aktivitas berat setelah vaksinasi.

Anda juga disarankan untuk sering melatih lengan Anda sebelum vaksinasi. Akan tetapi, usai vaksin Anda disarankan untuk mengistirahatkan lengan Anda selama satu hingga dua hari. Sebab, menggerakan lengan secara berlebihan usai vaksin bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

3. Siapkan asetaminofen atau ibuprofen

Cara ketiga mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah minum obat asetaminofen atau ibuprofen. Secara medis, obat antipiretik atau analgesik seperti asetaminofen dan obat antiinflamasi nonsteroid dapat digunakan untuk pengobatan gejala pascavaksinasi. Jika Anda mengalami demam selama lebih dari 48 jam setelah vaksinasi, Anda disarankan untuk melakukan tes Covid-19.

4. Hindari alkohol

Cara keempat mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster adalah tidak minum alkohol.

Alkohol tidak akan menurunkan respons kekebalan tubuh, tetapi dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan yang terkait dengan vaksin. Jadi, sebagai peringatan, sebaiknya hindari minum berlebihan sebelum dan sesudah vaksinasi.

Itulah berbagai cara mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin Covid-19 booster. Segera dapatkan vaksin Covid-19 booster jika sudah memenuhi syarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru