kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara mengatasi batuk yang bisa Anda coba di rumah


Rabu, 18 Agustus 2021 / 12:11 WIB
4 Cara mengatasi batuk yang bisa Anda coba di rumah
ILUSTRASI. Cara mengatasi batuk bisa Anda lakukan dengan memakai bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batuk adalah salah satu respons alami tubuh ketika ada benda asing yang menginfeksi. Meski demikian, terkadang batuk bisa membuat Anda tak nyaman. Supaya masalah itu bisa teratasi dengan lebih cepat, ada beberapa cara mengatasi batuk yang perlu Anda praktikkan.

Mengonsumsi obat batuk yang dijual di apotek bisa Anda coba. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan saran penggunaan yang tertera di label, ya. Jika dosis yang Anda konsumsi tidak sesuai, risiko efek samping dapat Anda alami.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara menyembuhkan batuk lainnya. Mulai dari memanfaatkan bahan alami, menggunakan humidifier, dan lain-lain. Namun, jika cara-cara ini tak memberikan hasil apa pun, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya.

Teh

Minum teh herbal hangat bisa jadi salah satu cara mengatasi batuk, lo. Hal yang sama juga bisa Anda dapat jika mengonsumsi sup atau minuman hangat yang lain. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com) minum air bisa mencegah dehidrasi sehingga batuk bisa sembuh lebih cepat.

Baca Juga: 4 Cara mencegah flu di masa pandemi Covid-19, mudah dilakukan

Bawang Merah

Bawang merah termasuk salah satu obat herbal batuk yang bisa Anda jadikan pilihan. Aroma menyengat yang keluar dari bahan alami itu mampu meredakan batuk. Caranya cukup mudah. Potong bawang merah menjadi empat bagian lalu letakkan di dekat Anda saat tidur di malam hari.

Garam

Cara mengobati batuk juga bisa Anda lakukan dengan berkumur memakai larutan garam. Campur sedikit garam pada segelas air hangat lalu gunakan larutan itu untuk berkumur. Tidak hanya mengobati batuk, larutan garam juga mampu mencegah infeksi yang lebih parah.

Baca Juga: Efektif mengobati batuk, ini 6 manfaat seledri untuk kesehatan

Madu

Salah satu cara mengatasi batuk adalah dengan mengonsumsi madu.

Jika Anda mencari cara mengatasi batuk, maka memanfaatkan madu tidak boleh Anda lupakan. Anda bisa menambahkan madu dalam segelas air hangat atau teh herbal hangat. Cobalah untuk menambahkan sedikit air perasan lemon untuk meningkatkan cita rasa.

Melansir Everyday Health, Anda bisa memberikan 2 sdt madu sebelum tidur pada anak berusia lebih dari dua tahun. Selain mengobati batuk, mengonsumsi madu juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Usahakan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena bisa menimbulkan efek samping.

Selanjutnya: Begini cara mengatasi batuk karena asam lambung tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×