4 Cara mencegah infeksi Virus Corona saat berbelanja

Jumat, 25 Juni 2021 | 15:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mencegah infeksi Virus Corona saat berbelanja

ILUSTRASI. Cara mencegah infeksi Virus Corona saat berbelanja perlu Anda perhatikan. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin berbelanja di tengah pandemi Virus Corona. Tentu saja Anda perlu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker sesuai dengan standar kesehatan, dan menjaga kebersihan tangan.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara mencegah infeksi Virus Corona yang perlu Anda praktikkan saat ingin berbelanja. Misalnya, mengatur waktu kunjungan. Usakan untuk mengunjungi toko atau pusat perbelanjaan di pagi hari.

Tujuannya untuk menghindari kerumunan orang. Selain itu, batasi waktu kunjungan Anda hanya dalam waktu singkat. Hal itu membuat paparan Virus Corona tak terlalu lama. Selain itu, masih banyak cara lain yang perlu Anda coba.

Perhatikan Tas Belanjaan

Alih-alih menggunakan kantong plastik, Anda bisa menggunakan tas belanja yang terbuat dari kain. Namun, Anda perlu memerhatikan tas tersebut. Mengutip dari Eatthis.com, 99% tas belanjaan yang dimasukkan dalam penelitian mengandung bakteri.

Hanya 3% partisipan penelitian yang mencuci tas belanjaan secara rutin. Untuk mencegah infeksi Virus Corona, Anda perlu rajin mencuci tas belanjaan. Usahakan untuk memakai air panas agar tak ada kuman yang menempel. Selain itu, usahakan pula untuk menggunakan disinfektan.

Baca Juga: Kasus anak positif Covid-19 makin tinggi, ini senjata utama cegah penularannya

Baca Label Makanan

Mengatur makanan apa yang Anda konsumsi selama pandemi Virus Corona merupakan hal penting. Hindari makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak natrium dan gula. Dua hal itu dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain yang dapat memperparah Covid-19.

Pakai Hand Sanitizer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menjaga kebersihan tangan merupakan hal wajib yang perlu Anda lakukan untuk mencegah infeksi Virus Corona. Hal itu juga tak boleh Anda lupakan saat berbelanja. Untuk memudahkan, Eatthis.com merekomendasikan Anda untuk selalu membawa hand sanitizer.

Selain memakai hand sanitizer, usahakan untuk membersihkan pegangan keranjang belanjaan dengan tisu basah yang mengandung antibakteri. Setelah berbelanja, pastikan Anda mencuci semua barang belanjaan yang Anda beli.

Baca Juga: Kasus Covid-19 meledak, konsumsi sayuran ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Jangan Belanja dalam Keadaan Lapar

Salah satu cara mencegah infeksi Virus Corona adalah dengan tidak berbelanja saat kondisi lapar.

Cara mencegah infeksi Virus Corona berikutnya adalah dengan tidak belanja dalam keadaan lapar. Rasa lapar akan memengaruhi pengambilan keputusan terhadap barang apa saja yang perlu Anda beli. Alih-alih membeli barang-barang penting, Anda justru bisa berbelanja barang-barang lainnya.

Selanjutnya: Virus Covid-19 terus bermutasi, ini gejala terbaru menurut ahli

Editor: Belladina Biananda
Terbaru