Kecantikan & Kebugaran

4 Cara memutihkan gigi ini pakai bahan-bahan alami, lo

Selasa, 08 Juni 2021 | 11:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara memutihkan gigi ini pakai bahan-bahan alami, lo

ILUSTRASI. Minyak kelapa termasuk salah satu bahan alami yang berguna sebagai cara memutihkan gigi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara memutihkan gigi penting untuk Anda lakukan. Selain menggunakan prosedur yang disediakan oleh dokter gigi, pemutih gigi juga bisa Anda coba dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Supaya hasilnya bisa maksimal, Anda perlu menggunakannya secara rutin.

Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter. Tujuannya agar tak ada efek samping yang terjadi. Apalagi jika sebelumnya Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Melakukan uji coba juga penting dilakukan. Jika ada reaksi alergi yang muncul, sebaiknya ganti dengan bahan alami lain atau benar-benar menghentikan pemakaian. Namun, bila tak ada reaksi apa pun, bahan-bahan alami ini bisa terus Anda coba.

Minyak Kelapa

Melansir Pure Smile (puresmile.com.au), minyak kelapa bisa Anda manfaatkan sebagai pemutih gigi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan jenis minyak tersebut. Pertama, tambahkan minyak kelapa pada pasta gigi yang Anda gunakan sehari-hari.

Kedua, pakai minyak kelapa sebagai oil puling. Caranya, masukkan satu sendok minyak kelapa dalam mulut lalu berkumurlah dengan minyak tersebut. Lakukan langkah tersebut selama 20 menit kemudian berkumur lagi dengan air biasa untuk menghilangkan sisa minyak kelapa.

Baca Juga: Efektif, ini 4 cara memutihkan gigi yang bisa Anda coba

Kulit Pisang

Jika Anda mencari cara memutihkan gigi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kulit pisang. Sama seperti buahnya, kulit pisang dipenuhi dengan berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari kalium, serat, asam amino, asam lemak tak jenuh tunggal, dan lain sebagainya.

Pertama, gosokkan kulit pisang ke seluruh area gigi lalu diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, gunakan sikat gigi tanpa pasta gigi untuk membersihkan seluruh area gigi. Lalu, berkumurlah dengan air hangat. Anda bisa melanjutkan perawatan gigi dengan pasta gigi dan obat kumur yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: 5 Makanan yang bisa membuat gigi lebih putih dan sehat

Baking Soda

Pure Smile mengatakan bahwa baking soda bisa dijadikan pemutih gigi. Selain mencerahkan warna gigi, baking soda juga efektif mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit gigi. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan baking soda secara berlebihan karena justru dapat merusak lapisan gigi.

Lemon

Salah satu cara memutihkan gigi bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan lemon.

Jika Anda mencari bahan alami lain yang cocok digunakan sebagai cara memutihkan gigi, Anda bisa mencoba lemon. Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam lemon berperan sebagai pemutih alami sehingga efektif membersihkan noda kuning yang menempel di gigi.

Selanjutnya: Coba 4 cara menghilangkan bau mulut secara alami ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru