kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara membersihkan komedo, efektif dan mudah dicoba


Jumat, 14 Mei 2021 / 15:45 WIB
4 Cara membersihkan komedo, efektif dan mudah dicoba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komedo terjadi karena pori-pori kulit tersumbat kotoran. Jika dibiarkan, komedo dapat mengganggu kondisi kesehatan kulit dan membuat penampilan Anda kurang maksimal. Untuk menghindari hal itu, ada banyak cara membersihkan komedo yang bisa Anda praktikkan.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mudah digunakan, nutrisi yang terkandung dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Meski demikian, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk menggunakan bahan alami ini secara rutin, ya.

Lemon dan Putih Telur

Cara membersihkan komedo pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan lemon dan putih telur. Tak hanya menghilangkan komedo membandel, NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa putih telur juga efektif mengencangkan kulit Anda.

Pertama, kocok satu putih telur yang sudah ditambah dengan 2 sdt air lemon lalu aplikasikan pada are kulit yang berkomedo. Setelah kering, aplikasikan lapisan kedua lalu diamkan lagi selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Cara mengatasi wajah berminyak bisa dengan 5 bahan ini

Gula dan Jojoba Oil

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan gula dan jojoba oil. Selain membersihkan komedo, kombinasi bahan alami itu juga bagus untuk membersihkan sel kulit mati. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Campurkan satu gelas gula dengan 3 sdm jojoba oil. Gosokkan campuran itu untuk membersihkan kulit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda juga bisa mengganti jojoba oil dengan jenis minyak lain, misalnya minyak zaitun.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah dicoba

Madu dan Lemon

Madu dan lemon bisa Anda manfaatkan sebagai cara membersihkan komedo.

Jika Anda mencari cara membersihkan komedo, NDTV Food merekomendasikan kombinasi madu dan lemon. Caranya, campur 1 sdt air lemon dengan ½ sdt madu lalu aplikasikan pada kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Oatmeal, Yogurt, dan Lemon

Selain membersihkan komedo dan sel kulit mati, oatmeal yang dicampur dengan yogurt dan lemon juga bisa mencerahkan kulit wajah. Pertama, campur 2 sdm oatmeal, 3 sdm yogurt, dan air perasan ½ lemon. Setelah teraduk rata aplikasikan pada kulit selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: Efektif, ini 3 cara menghilangkan komedo secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×