4 Cara Alami yang Bikin Kolesterol dan Asam Urat Pergi Jauh, Mau Coba?

Kamis, 08 Desember 2022 | 10:13 WIB Sumber: Kompas.com
4 Cara Alami yang Bikin Kolesterol dan Asam Urat Pergi Jauh, Mau Coba?

ILUSTRASI. Begini cara alami yang efektif menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.


KONTAN.CO.ID -  Dua penyakit yang sering orang keluhkan, baik yang berusia tua maupun muda, adalah kolesterol dan asam urat. Simak cara alami yang efektif menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh.

Melansir Healthline, asam urat terjadi lantaran ada penumpukan asam urat di bagian persendian sehingga menyebabkan peradangan yang disertai dengan rasa nyeri. 

Sebaliknya, kolesterol yang tinggi terjadi karena penumpukan zat berbasis lemak yang tidak larut dalam darah. Penumpukan kolesterol yang dibiarkan bisa berakibat pada penurunan kesehatan jantung hingga stroke. 

Beberapa dari gejala asam urat dan kolesterol yang tinggi dapat ditandai dengan rasa nyeri dalam tubuh. Meski begitu, beberapa bahan alami bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat untuk tubuh. 

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Kenali biar Makin Waspada Diabetes

Cara alami untuk menurunkan kolesterol 

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Ambil contoh, penderita bisa memperbaiki pola makan dan rajin berolahraga secara teratur. 

Selain itu, cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi beberapa bahan alami. Berikut beberapa bahan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi: 

1. Kacang hijau 

Makanan berupa kacang-kacangan juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebanyak 26 penelitian menemukan, mengonsumsi satu porsi kacang hijau secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Penelitian tersebut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Hasil penelitian itu menunjukkan, kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

2. Bawang putih 

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Pasalnya, bawang putih dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis yang menyebabkan kolesterol tinggi. 

Selain kadar kolesterol dalam darah, mengonsumsi bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung atau dalam bentuk suplemen, seperti kapsul dan tablet.

Baca Juga: Cocok bagi Penderita Diabetes, 4 Sayur Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah

3. Ikan 

Ikan merupakan makanan rendah lemak jenuh yang cocok untuk dikonsumsi saat mengontrol kadar kolesterol. Ikan kerap dikonsumsi bagi penderita kolesterol yang sedang melakukan diet. 

Soalnya, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan, agar penderita kolesterol tinggi mengonsumsi ikan untuk menurunkan kolesterol. 

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam, Menurunkan Kolesterol!

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru