kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Buah Ini Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes


Selasa, 06 September 2022 / 09:25 WIB
4 Buah Ini Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes
ILUSTRASI. Mengkonsumsi terlalu banyak gula, termasuk dari buah-buahan tertentu dapat memicu kondisi buruk pada penderita diabetes. Salah satunya nanas.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengkonsumsi terlalu banyak gula, termasuk dari buah-buahan tertentu dapat memicu kondisi buruk pada penderita diabetes. 

Berikut sejumlah dampak buruk diabetes jika terlalu banyak mengkonsumsi gula:

1. Gula darah tinggi 

Kondisi naiknya kadar gula di dalam darah atau disebut hiperglikemia bisa membahayakan kesehatan, terutama pada penderita diabetes. Konsumsi obat-obatan untuk penderita diabetes biasanya dapat membantu menekan kadar gula dalam darah. 

Jika gula darah masih tinggi, penderita diabetes wajib berkonsultasi dengan dokter serta mengubah pola hidup. Sering buang air kecil Sering buang air kecil atau poliuria adalah tanda umum dari diabetes tipe 1 dan 2.

Poliuria ditandai ketika seseorang buang air kecil minimal 3 liter per hari. Kondisi ini terjadi karena tubuh berusaha membersihkan darah dari kelebihan glukosa. 

2. Infeksi pada bagian tubuh 

Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat seorang penderita diabetes rentan terhadap infeksi. Pasien harus menemui dokter apabila sering terkena infeksi. 

Infeksi pada penderita diabetes memerlukan waktu lama untuk sembuh dan dapat memburuk lebih cepat. Apabila tidak ditangani dengan tepat, infeksi dapat mengancam keselamatan jiwa. 

Infeksi yang sering menyerang penderita diabetes ialah, selulitis atau bisul (terutama pada bagian kaki), infeksi saluran kemih, hingga infeksi jamur.

Oleh karenanya, penderita diabetes harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah dengan menghindari konsumsi buah dengan kadar gula tinggi. 

Melansir Medical News Today, berikut beberapa buah dengan kadar gula tinggi yang dapat memperburuk kondisi diabetes. 

1. Semangka 

Dua potong semangka mengandung 5,5 gram karbohidrat, dengan indeks glikemik 76, yang cukup tinggi bagi penderita diabetes. 

2. Nanas 

Satu potongan nanas kira-kira mengandung sekitar 5,5 gram karbohidrat dengan indeks glikemik sama dengan semangka yaitu 76. 

3. Pisang yang terlalu matang 

Pisang sebenarnya bagus untuk penderita diabetes. Namun sebaiknya hindari memakan buah pisang yang terlalu matang. 

Menurut FDA, 100 gram pisang yang terlalu matang mengandung 20 gram karbohidrat dengan indeks glikemik antara 70-100. 

Selain semangka, nanas, dan pisang yang terlalu matang, penderita diabetes sebaiknya juga menghindari beberapa olahan buah, seperti: 

4. Buah kalengan atau buah kering 

Sebisa mungkin, penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah-buahan kalengan atau kering. Pasalnya, beberapa olahan buah dalam kaleng atau kering dapat mengandung banyak tambahan gula yang digunakan saat mengawetkan buah-buahan tersebut. 

Anda tetap dapat mengonsumsi buah-buahan kalengan atau buah-buahan kering selama pada labelnya tertulis bahwa buah tersebut tidak diberi pemanis dan tidak mengandung gula tambahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Buah Pantangan Bagi Penderita Diabetes"
Penulis : Elizabeth Ayudya Ratna Rininta
Editor : Resa Eka Ayu Sartika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×