4 Bahan ini bisa menghilangkan kutu rambut

Selasa, 27 Juli 2021 | 16:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan ini bisa menghilangkan kutu rambut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kutu rambut merupakan salah satu jenis parasit yang mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk menghindari masalah yang lebih parah, ada beberapa cara menghilangkan kutu yang dapat Anda praktikkan.

Anda bisa terinfeksi kutu rambut dari orang lain dengan masalah yang sama. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tidak berbagai barang-barang pribadi, seperti handuk atau sisir, dengan orang lain. Dengan begitu, Anda bisa menghindari infeksi parasit tersebut.

Saat terinfeksi kutu rambut, muncul benjolan-benjolan merah di kulit kepala yang terasa gatal. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisi kulit kepala dan pertumbuhan rambut terganggu. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk memakai bahan-bahan berikut ini.

Minyak Zaitun

Supaya kutu rambut bisa hilang dengan lebih cepat, cobalah untuk memakai minyak zaitun. India.com merekomendasikan Anda untuk memakai minyak zaitun di seluruh permukaan kulit kepala dan rambut.

Setelah itu, tutup kepala dengan shower cap selama semalaman. Di pagi hari, sisir rambut untuk membersihkan kutu rambut yang mati lalu bersihkan rambut dengan sampo yang biasa Anda pakai. Ulangi langkah tersebut secara rutin sampai kutu rambut benar-benar hilang.

Baca Juga: Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara aman

Cuka dan garam

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut adalah cuka apel dan garam. Kombinasi cuka dan garam efektif mengurangi kelembaban di kulit kepala dan rambut sehingga kutu rambut bisa hilang.

Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Campur cuka dan garam dengan ukuran masing-masing ¼ gelas lalu masukkan dalam botol semprot. Semprotkan campuran itu pada rambut lalu tutup kepala dengan shower cap selama dua jam kemudian bilas dengan sampo.

Tea Tree Oil

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan India.com untuk menghilangkan kutu rambut adalah tea tree oil. Pertama, campur 1 sdt tea tree oil dengan 1 ons sampo alami dan 3 sdm minyak kelapa. Aduk rata lalu aplikasikan pada rambut. Tutup dengan shower cap selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan ketombe, lo

Bawang Putih

Cobalah memakai bawang putih sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memakai bawang putih. Bahan alami itu memiliki aroma yang khas dan kuat sehingga efektif membasmi kutu rambut.

Anda perlu menumbuk 10 siung bawang putih hingga halus lalu tambahkan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan campuran itu pada kulit kepala selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Selanjutnya: Inilah bahan alami sebagai obat kutu rambut untuk anak-anak

Editor: Belladina Biananda
Terbaru