kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,59   4,99   0.50%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan alami ini cocok jadi cara menurunkan gula darah


Sabtu, 08 Mei 2021 / 11:35 WIB
4 Bahan alami ini cocok jadi cara menurunkan gula darah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh membutuhkan gula darah supaya bisa berfungsi dengan normal. Namun, jumlah gula darah yang terlalu tinggi justru mengakibatkan banyak masalah. Untuk mengatasinya, ada banyak cara menurunkan gula darah yang bisa Anda praktikkan.

Penumpukan gula darah dalam tubuh terjadi akibat insulin yang terlalu sedikit. Kondisi itu mengakibatkan gula darah tidak bisa diubah menjadi energi. Biasanya, masalah tersebut bisa diatasi dengan suntikan insulin atau obat yang disarankan dokter.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin. Usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Pare

Mengutip dari Trend Pickle (trendpickle.com), pare adalah bahan alami yang efektif mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Selain menurunkan gula darah, minum jus pare tiap pagi hari saat perut masih kosong juga bisa menurunkan risiko komplikasik. Misalnya, jumlah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Manfaat itu berasal dari banyaknya antioksidan yang terkandung dalam pare. Antioksidan berguna untuk melawan serangan radikal bebas penyebab penyakit. Selain minum jus pare, Anda juga bisa mengkombinasikan pare dengan makanan bergizi yang lain.

Baca Juga: Catat! Ini efek samping lidah buaya untuk kesehatan

Jambu Biji

Cara menurunkan gula darah lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi jambu biji. Jambu biji mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengontrol gula darah. Mulai dari kalium, likopen, vitamin C, dan serat.

Tidak hanya mengonsumsi buahnya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji. Caranya, rebus 1 sdm daun jambu biji yang sudah dihaluskan. Setelah lima menit, saring lalu minum air rebusan itu. Untuk mendapat hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya satu kali dalam sehari.

Baca Juga: 6 Manfaat air kelapa untuk kesehatan: meredakan asam lambung sampai gula darah

Kayu Manis

Trend Pickle merekomendasikan kayu manis sebagai obat diabetes berikutnya yang perlu Anda coba. Tidak hanya mengontrol jumlah gula darah, zat besi, serat, kalsium, dan nutrisi lain dalam kayu manis juga berpengaruh baik bagi sistem pencernaan dan sistem imun tubuh.

Lidah Buaya

Salah satu cara menurunkan gula darah adalah dengan mengonsumsi lidah buaya.

Tahukah Anda bahwa lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan gula darah? Cobalah untuk memasukkan lidah buaya dalam menu makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan begitu, jumlah gula darah bisa turun sehingga kesehatan Anda terjaga.

Selanjutnya: Daftar buah-buahan yang baik dan aman untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×