4 bahan alami ini cocok dijadikan obat gusi bengkak

Jumat, 26 Februari 2021 | 16:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 bahan alami ini cocok dijadikan obat gusi bengkak

ILUSTRASI. Larutan garam termasuk salah satu obat gusi bengkak yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gusi bengkak adalah salah satu tanda bahwa kesehatan gigi dan mulut Anda sedang terganggu. Supaya kondisinya tak semakin parah, Anda memerlukan obat gusi bengkak. Selain itu, jangan lupa untuk mengunjungi dokter supaya masalah itu bisa teratasi dengan baik.

Ada banyak hal yang menyebabkan gusi seseorng menjadi bengkak. Mulai dari pertumbuhan gigi yang tak sesuai jalur, infeksi bakteri, atau faktor yang lain. Jika Anda belum sempat ke dokter gigi, cobalah untuk mengonsumsi obat yang dijual di apotek, seperti ibuprofen atau aspirin.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi gusi bengkak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Misalnya, larutan garam, kunyit, kompres, dan lain sebagainya. Dengan begitu, rasa sakit akibat gusi bengkak bisa berkurang.

Kompres Hangat dan Kompres Dingin

Melansir dari Dee Kay Dental (deekaydental.com), memakai kompres hangat atau kompres dingin jadi salah satu cara yang cukup efektif untuk mengempiskan gusi yang bengkak. Anda bisa menggunakan jenis kompres itu secara bergantian sampai rasa sakit hilang.

Baca Juga: Inilah 3 penyebab gusi belakang bengkak

Larutan Garam

Tidak hanya mengurangi rasa sakit, larutan garam dapat mencegah infeksi bakteri yang menyerang gusi Anda. Anda hanya perlu mencampur 1 sdt garam dengan segelas air hangat. Kemudian, gunakan larutan itu untuk berkumur selama beberapa detik.

Cobalah untuk melakukan cara tersebut sebanyak minimal dua kali sehari. Dengan begitu, gusi bengkak bisa cepat sembuh. Namun, larutan garam tidak disarankan untuk mengobati gusi bengkak anak karena ada kemungkinan untuk tertelan.

Tea Tree Oil

Dee kay Dental juga merekomendasikan tea tree oil sebagai obat gusi bengkak yang bisa Anda coba karena mengandung antibiotik dan antiinflamasi. Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes tea tree oil ke segelas air lalu gunakan untuk berkumur.

Baca Juga: Bahan alami ini cocok jadi obat sakit gigi berlubang

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan alami untuk obat gusi bengkak.

Obat gusi bengkak selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan kunyit. Jenis rempah itu mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan secara efektif.

Caranya, campur ¼ sdt kunyit dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan pasta kunyit itu pada area gusi yang bengkak lalu diamkan dulu selama minimal lima menit. Selanjutnya, kumur dengan air hangat. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara perlahan supaya gusi tak iritasi.

Selanjutnya: Waspada, 4 faktor ini bisa jadi penyebab bau mulut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru