kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Bahan alami ini cocok dijadikan obat diare, apa saja?


Rabu, 28 April 2021 / 06:18 WIB
4 Bahan alami ini cocok dijadikan obat diare, apa saja?
ILUSTRASI. Air kelapa bisa Anda pakai sebagai obat diare.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami didare. Tentu saja masalah sistem pencernaan itu mengganggu aktivitas yang sedang Anda jalani. Jika terus dibiarkan, masalah itu juga bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda membutuhkan obat diare.

Umumnya, diare ditandai dengan keluarnya feses bertekstur lunak dan dipenuhi cairan. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Mulai dari konsumsi alkohol, alergi makanan, efek samping jenis obat tertentu, atau kondisi kesehatan yang Anda alami.

Ada banyak obat di apotek yang bisa Anda gunakan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami berikut ini. Namun, jika diare terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Air Kelapa

Tak hanya memiliki rasa yang segar, air kelapa juga bisa mengatasi diare, lo. For Home Remedies (forhomeremedies.com) mengatakan bahwa air kelapa dipenuhi dengan elektrolit sehingga diare bisa sembuh dan nutrisi yang hilang bisa terganti.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat demam yang berasal dari bahan alami

Bluberi

Apakah Anda suka mengonsumsi bluberi? Jenis buah beri itu dipenuhi dengan nutrisi yang bisa mengatasi diare secara efektif. Antibakteri dan antioksidan dalam bluberi mampu melawan infeksi dan menghidrasi sistem pencernaan dengan baik.

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam bluberi juga efektif meredakan peradangan pada sistem pencernaan. Anda hanya perlu mengonsumsi satu mangkuk bluberi sebanyak dua kali dalam sehari. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Black Tea

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diare adalah black tea. Namun, usahakan untuk mengonsumsi decaffeinated black tea atau black tea tanpa kafein, ya. Jenis teh itu mampu menghidrasi tubuh dengan baik sehingga diare bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Inilah 4 manfaat air kelapa yang perlu Anda ketahui

Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai obat diare.

Cuka apel jadi obat diare selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Mengutip dari For Home Remedies, cuka apel dipenuhi dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh saat mengalami diare. Mulai dari kalium, sodium, zat besi, dan lain sebagainya.

Cuka apel juga mengandung pectin yang dapat melindungi usus besar sehingga diare bisa sembuh seiring berjalannya waktu. Anda hanya perlu minum 8 ons air yang dicampur dengan 2 sdm cuka apel sebanyak tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Cara menyembuhkan diare menggunakan obat dan bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×