kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Penyebab Kencing Berbusa yang Perlu Anda Waspadai


Jumat, 10 Juni 2022 / 13:13 WIB
3 Penyebab Kencing Berbusa yang Perlu Anda Waspadai
ILUSTRASI. Penyebab air kencing berbusa.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak faktor penyebab air kencing berbusa. Dari mulai faktor yang ringan hingga serius. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dengan cara mengetahui penyebab kecing berbusa.

Mengetahui penyebab kencing berbusa lebih cepat juga membuat Anda bisa sesegera mungkin melakukan penangan atau pengobatan. Meski demikian, ada juga penyebab kencing berbusa yang kerap tidak disadari oleh Anda. 

Selain itu, mengeluarkan air kencing terlalu kencang juga dapat membuat air kencing yang dikeluarkan berbusa. Sehingga, Anda tidak harus khawatir atau panik jika mengalami hal tersebut.

Namun, jika Anda mengalami gejala yang disebabkan oleh kencing berbusa, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter supaya kondisi belum terlalu memburuk.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab kencing berbusa yang harus diwaspadai:

Dehidrasi

Salah satu penyebab kencing berbusa adalah tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Selain itu, biasanya warna air kencing Anda cenderung akan berwarna lebih gelap. Sebab, protein dan kandungan lain tidak keluar dengan maksimal. 

Untuk mencegah dehidrasi, cobalah untuk meminum air putih lebih banyak sekitar 8-9 gelas perhari. Selain dapat mencegah kencing berbusa, minum air putih yang cukup juga baik kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: TikMate, Situs Alternatif Download Video TikTok Tanpa Watermark Gratis

Penyakit ginjal

Kencing berbusa biasanya dikaitkan dengan gangguan atau penyakit ginjal. Penyebab air kencing berbusa adalah fungsi ginjal yang tidak berjalan dengan normal. Ini membuat kandungan-kandungan tidak tersaring secara maksimal.

Selain itu, jika Anda mengalami penyakit ginjal, kecing akan terasa sakit, panas, serta frekuensi kencing menjadi lebih sering.

Diabetes

Penyakit diabetes juga menjadi penyebab kencing berbusa yang sangat perlu diwaspadai. Pasalnya, jumlah gula darah yang tidak terkontrol membuat jumlah albumin meningkat. Ini yang membuat kencing berbusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×