3 Nutrisi yang Efektif Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Senin, 14 Maret 2022 | 15:47 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
3 Nutrisi yang Efektif Meningkatkan Kesehatan dan Kekuatan Tulang

ILUSTRASI. Makanan untuk kesehatan tulang


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tulang berperan untuk menopang tubuh dan melakukan beraktivitas. Ini 3 nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. 

Tulang yang kuat dan sehat bisa menjauhkan risiko osteoporosis.

Baca Juga: Selain Mengelola Gula Darah, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Penderita Diabetes

Namun, saat Anda mulai merasa sering sakit punggung dan lutut, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan tulang. 

Tulang merupakan komponen penting tubuh yang harus dijaga. Untuk memiliki tulang sehat dan kuat, Anda harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi. 

Berikut nutrisi yang efektif meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. 

1. Makanan kaya vitamin C 

Makanan yang mengandung vitamin C penting untuk tubuh. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen yang merupakan bagian berserat dari tulang dan tulang rawan. 

Makanan yang kaya vitamin C adalah pepaya, brokoli, stroberi, dan jeruk. 

2. Makanan kaya vitamin D 

Vitamin C merupakan nutrisi yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. 

Maka, Anda penting mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti jamurm susu, dan salmon. 

Asal tahu saja, vitamin D membantu dalam penyerapan mineral penting seperti kalsium. 

Selain menguatkan tulang, vitamin D baik untuk menjaga kesehatan gigi. 

3. Makanan kaya kalsium 

Tulang rapuh umumnya disebabkan dari kekurangan kalsium. Maka, Anda sebaiknya memenuhi kebutuhan kalsium tubuh dengan mengonsumsi susu, yogurt, kurma, plum, dan makanan kaya kalsium lainnya.

Baca Juga: 7 Gangguan Kesehatan yang Muncul Akibat Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru