3 Nutrisi penting yang mempercepat penyembuhan Covid-19

Jumat, 06 Agustus 2021 | 13:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Nutrisi penting yang mempercepat penyembuhan Covid-19

ILUSTRASI. Ada beberapa jenis nutrisi yang dapat mempercepat proses penyembuhan Covid-19.


KONTAN.CO.ID - Supaya terhindar dari infeksi virus corona, Anda perlu mengonsumsi nutrisi yang memperkuat sistem imun tubuh. Hal yang sama juga Anda butuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan Covid-19.

Berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa Anda temukan dengan mudah di bahan-bahan alami. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa meningkatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen.

Namun, tentu saja Anda perlu meminta saran dokter. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi nutrisi-nutrisi di bawah ini dengan dosis yang direkomendasikan dokter.

Jika mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, justru Anda bisa mengalami efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Ibu terpapar Covid-19 ‚Äčtetap harus beri ASI, ini panduan dari Kementerian Kesehatan

Vitamin D

Mengutip dari Only My Health, vitamin D dapat mencegah badai sitokin akibat infeksi virus corona. Dengan begitu, sistem imun tidak menyerang tubuh Anda sendiri.

Tak hanya itu, kerusakan parah di saluran pencernaan atas juga bisa dicegah dengan vitamin D.

Zinc

Nutrisi berikutnya yang perlu Anda konsumsi supaya cepat sembuh dari Covid-19 adalah zinc. Jenis mineral tersebut mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan virus dalam tubuh.

Only My Health merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi 50 mg zinc per hari.

Baca Juga: Memulihkan Anosmia Akibat Covid-19 dengan Bawang Putih

Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C termasuk salah satu cara mempercepat proses penyembuhan Covid-19.

Jenis nutrisi yang tak boleh Anda lewatkan selama proses penyembuhan Covid-19 adalah vitamin C. Saat terinfeksi Virus Corona, ada banyak peradangan atau inflamasi dalam tubuh.

Nah, vitamin C dapat mengatasi masalah itu. Vitamin C juga bisa meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih kuat.

Selain mengonsumsi beberapa nutrisi tersebut, penting bagi Anda untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Saat sudah dinyatakan sembuh, hindari tempat-tempat dengan risiko penularan Covid-19 tinggi.

Kalau Anda terpaksa pergi ke tempat umum, selalu jaga jarak dengan orang lain, ya. Gunakan pula jenis masker yang sesuai dengan standar kesehatan.

Tidak berhenti sampai di situ, pastikan kebersihan tangan terjaga dengan mencucinya memakai sabun dan air mengalir atau memanfaatkan hand sanitizer.

Selanjutnya: 5 Makanan sehat yang tinggi vitamin D, dongkrak imunitas tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru