Kesehatan Umum

3 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa jadi cara menghilangkan nyeri haid

Rabu, 06 Januari 2021 | 12:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa jadi cara menghilangkan nyeri haid

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat jahe untuk kesehatan jika mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Jahe adalah salah satu jenis rempah yang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya bisa meningkatkan cita rasa suatu masakan, manfaat jahe juga bisa terasa pada kesehatan tubuh Anda.

Kandungan antioksidan dalam jahe bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel.

Dikutip dari Insider, jahe termasuk dalam salah satu bahan alami dengan kandungan antioksidan tertinggi. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan stres oksidatif yang menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti kanker, stroke, dan diabetes.

Kandungan tersebut mampu melawan serangan radikal bebas sehingga stres oksidatif bisa teratasi dengan baik. Artinya, tubuh Anda semakin kuat melawan berbagai jenis penyakit.

Selain melawan stres oksidatif, antioksidan dalam jahe juga berperan sebagai antiinflamasi. Inflamasi atau peradangan adalah respons alami tubuh saat ada serangan dari benda asing.

Pada dasarnya, inflamasi bisa berkurang sendiri. Namun, karena ada stres oksidatif, tubuh Anda bisa mengalami inflamasi kronis.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari jahe.

Baca Juga: 11 Manfaat bawang putih sebagai obat herbal penumpas penyakit

Mengatasi mual

Salah satu manfaat jahe untuk kesehatan adalah mengatasi mual.

Salah satu manfaat jahe terbaik untuk tubuh Anda adalah kemampuannya mengatasi mual. Sebab, jahe punya kandungan gingerol.

Artinya, bahan alami ini cocok dikonsumsi bagi para wanita hamil yang mengalami morning sickness atau mual di pagi hari.

Baca Juga: 9 Obat batuk herbal yang bahannya mudah ditemukan

Menghilangkan nyeri haid

Nyeri haid adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak wanita. Jika Anda salah satunya, cobalah untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi jahe.

Jahe mampu menekan zat kimia yang membuat rahim berkontraksi sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Dilansir dari Insider, 750 gram hingga 2.000 gram bubuk jahe mampu mengurangi nyeri haid selama tiga hingga empat hari dari siklus haid yang sedang Anda jalani.

Jika rasa nyeri tak kunjung hilang, cobalah berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Mengontrol jumlah gula darah

Manfaat jahe selanjutnya berguna untuk penderita diabetes. Bahan alami tersebut mampu mengontrol gula darah dengan meningkatkan penyerapan glukosa tanpa insulin.

Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mampu meningkatkan indikator gula darah.

Selanjutnya: Selain menghangatkan tubuh, ini manfaat jahe sebagai obat herbal

Editor: Belladina Biananda


Terbaru