kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Jenis Sayuran untuk Anak-Anak yang Mudah Dikonsumsi, Sehat dan Kaya Vitamin


Rabu, 23 Agustus 2023 / 10:36 WIB
3 Jenis Sayuran untuk Anak-Anak yang Mudah Dikonsumsi, Sehat dan Kaya Vitamin
ILUSTRASI. 3 Jenis Sayuran untuk Anak yang Mudah Dikonsumsi, Sehat dan Kaya Vitamin. TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar sayur untuk anak yang menambah nafsu makan. Konsumsi sayur diperlukan untuk pemenuhan gizi penting pada masa pertumbuhan anak.

Anak membutuhkan sayur karena sayuran mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan mereka.

Sayuran kaya akan serat, vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang berperan dalam menjaga fungsi tubuh yang optimal. Berikut adalah alasan mengapa anak membutuhkan sayur:

Sayuran mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C, K, asam folat, kalium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini diperlukan untuk perkembangan tulang, sistem kekebalan tubuh, penglihatan, serta fungsi otot dan saraf.

Baca Juga: 10 Cara Alami untuk Membuat Darah Tinggi Kabur Jauh

Anak mau makan sayur

Serat dalam sayuran membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit. Serat juga membuat anak kenyang lebih lama, membantu mengatur nafsu makan dan berat badan.

Kandungan Vitamin dan senyawa antioksidan dalam sayuran membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah: Sayuran tertentu, seperti bayam dan brokoli, mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, seperti kalium, vitamin K, dan serat.

Selain itu, pola makan yang kaya akan sayuran dapat membantu mencegah risiko penyakit kronis di masa dewasa, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Makanan Peluntur Gout, Penumpukan Kristal Asam Urat Sebabkan Radang Sendi

Cara agar anak mau makan sayur

Agar anak mau makan sayur, Anda dapat mencoba beberapa strategi berikut:

  • Contoh Positif: Jadilah contoh yang baik dengan mengonsumsi sayur secara teratur. Anak cenderung meniru apa yang dilihat orang dewasa lakukan.
  • Variasi dan Warna: Sajikan berbagai jenis sayuran dengan warna yang berbeda-beda. Warna-warna cerah dan menarik dapat menarik perhatian anak.
  • Keterlibatan dalam Memilih: Ajak anak berbelanja sayur atau memilih sayur di pasar. Ini dapat membuat mereka merasa lebih terlibat dan tertarik untuk mencoba.
  • Kreativitas dalam Penyajian: Sajikan sayuran dengan cara yang kreatif, seperti membuat bentuk hewan atau makanan yang lucu dari sayuran.
  • Gabungkan dalam Makanan Favorit: Campurkan sayur ke dalam makanan favorit anak, seperti sup, nasi goreng, atau spaghetti.

Untuk itu, cek beberapa sayur untuk anak-anak yang penting bagi kesehatan dan pertumbuhan dilansir dari The Nourished Child.

Daftar sayuran untuk anak-anak

1. Sayuran Hijau Tua

Sayuran Hijau Segar

Sayuran kaya nutrisi ini mengandung vitamin A dan C, folat, serat, potasium, magnesium, dan kalsium. Bukan kebetulan bahwa anak-anak cenderung lebih menyukai sayuran bertepung rasa hambar daripada sayuran pahit.

Anak-anak mempunyai selera yang kuat terhadap sayuran hijau. Rasa pahit dan tekstur daun dari beberapa sayuran hijau mungkin tidak menarik bagi anak kecil.

Contoh sayuran hijau yang mudah untuk diolah adalah Brokoli, selada, kangkung, dan bayam.

2. Sayuran Merah dan Oranye

Daun buah bit

Sayuran berwarna-warni ini terkenal dengan vitamin A, potasium, dan seratnya. Warna-warna cerah dan rasa manis pada kelompok ini biasanya lebih disukai anak-anak.

Contoh: Wortel, labu, paprika merah, tomat, ubi jalar, acorn hingga buah bit.

3. Kacang, Kacang Polong, dan Lentil

Kacang polong

Kacang dan lentil merupakan sumber protein nabati, serat, mineral, dan folat yang sangat baik. Makan kacang untuk anak-anak mungkin merupakan tantangan terbesar.

Kacang polong adalah makanan pelengkap pada lauk yang mudah untuk dimakan sendiri oleh anak Anda. Anda bisa membuat variasi dengan mencampurkan ke makanan seperti daging ayam atau sapi.

Selain itu, ada juga sayuran kacang adalah makanan yang mudah untuk anak-anak. Ada juga Tomat kalengan dan jagung memberi hidangan ini lebih banyak rasa dan bonus nutrisi dari dua kelompok sayuran lainnya.

Tentu, setiap anak memiliki preferensi makanan yang berbeda-beda. Penting untuk tidak memaksa anak makan sayur, tetapi lebih kepada mengajak Anak untuk mencoba dan mengembangkan kebiasaan sehat secara bertahap.

Demikian informasi terkait daftar makanan sayur untuk anak yang mudah dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×