3 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anak Kena Tipes atau Demam Tifoid Agar Cepat Sembuh

Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
3 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anak Kena Tipes atau Demam Tifoid Agar Cepat Sembuh

ILUSTRASI. 3 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Anak Kena Tipes atau Demam Tifoid Agar Cepat Sembuh.

KONTAN.CO.ID -  Tubuh anak cukup rentan terserang penyakit seperti tipes atau demam tifoid karena sistem kekebalan tubuhnya masih rentan. 

Bersumber dari situs Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Tipes adalah penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella thyphi

Bakteri ini umumnya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Orang yang tertular bakteri penyebab tipes ini jiga bisa menularkan penyakit demam tifoid. 

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Gina Noor Djalilah menyebut jika pengobatan antibiotik menjadi satu-satunya pengobatan paling efektif untuk demam tifoid. 

Baca Juga: Link Pendaftaran Seleksi PPPK Guru 2022 dan Tata Cara Mendaftarnya

Hal yang wajib dilakukan jika anak terkena tipes

Menurut Gina ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan jika anak terkena tipes diantaranya:

1. Banyak minum air putih.

Minum air saat sakit tipes membantu mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh demam dan diare yang berkepanjangan. Jika mengalami dehidrasi parah, dokter akan memberikan cairan melalui pembuluh vena (infus).

2. Banyak istirahat

Supaya lekas sembuh istirahat merupakan hal yang membantu proses pemulihan penyakit ini. Usahakan untuk tidak melakukan berbagai kegiatan berat yang menguras tenaga agar kondisi tubuh bisa segera fit dan terhindar dari komplikasi tipes.

3. Memberikan makanan yang mudah dicerna

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya jika anak terkena tipes adalah memberikan makanan yang mudah dicerna. 

Tipes merupakan salah satu penyakit gangguan pada usus, maka dianjurkan makan-makanan yang mudah dicerna, seperti bubur dan makanan lunak lain.

“Dengan begitu, kerja usus menjadi lebih ringan. Makan makanan yang mudah dicerna juga membuat nutrisi di dalam makanan lebih cepat diserap oleh tubuh,” pungkas Gina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru