Kesehatan Umum

3 Gejala sakit ginjal ini perlu benar-benar Anda waspadai

Jumat, 21 Mei 2021 | 11:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Gejala sakit ginjal ini perlu benar-benar Anda waspadai

ILUSTRASI. Sering buang air kecil termasuk salah satu gejala sakit ginjal. KONTAN/Daniel Prabowo/14/05/2012

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ginjal adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk menyeimbangkan cairan dan mengeluarkan zat beracun. Jika fungsi itu tak bisa berjalan secara optimal, tentu saja ada beberapa gejala sakit ginjal yang Anda alami.

Ketidakmampuan ginjal untuk bekerja secara semestinya bisa dipicu oleh berbagai macam fakktor. Mulai dari diabetes, infeksi, tekanan darah tinggi, atau pola hidup yang tidak sehat. Hal itu mengakibatkan beberapa ciri-ciri terkena penyakit ginjal bisa disalahartikan dengan gejala penyakit yang lain.

Ada beberapa gejala penting yang perlu Anda perhatikan. Sampaikan semua gejala yang Anda alami kepada dokter. Dengan begitu, dokter bisa menentukan perawatan seperti apa yang Anda butuhkan. Tentu saja pemeriksaan yang lain pun perlu Anda jalani selain mengamati gejala-gejala ini.

Gejala yang Umum Terjadi

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), ada beberapa gejala yang umum dialami oleh penderita sakit ginjal. Mulai dari kesulitan untuk buang air kecil, sesak napas, pusing, mual, muntah, fatigue atau kelelahan, dan konsentrasi yang mudah hilang.

Baca Juga: Ini daftar penyakit yang ditandai sakit pinggang sebelah kiri

Awalnya, gejala sakit ginjal itu memang tak banyak dirasakan oleh penderitanya. Namun, seiring berjalannya waktu, gejala tersebut justru semakin membuat kondisi kesehatan semakin turun. Masalah itu terjadi akibat ketidakmampuan ginjal untu menjalankan fungsinya.

Seperti yang telah dikatakan, ginjal bertugas untuk membuang kotoran. Namun, hal itu gagal terjadi dan justru mengakibatkan zat racun menumpuk sehingga keseimbangan cairan terganggu. Ketidakseimbangan itulah yang mengakibatkan sirkulasi dan sistem dalam tubuh lainnya mengalami gangguan.

Komplikasi

Jika gejala sakit ginjal tak kunjung diatasi, ada berbagai macam komplikasi yang Anda alami. Misalnya, hypercalcemia, renal hypertension, hyperkalemia, dan lain sebagainya. Komplikasi-komplikasi itu tentu saja ditandai dengan masalah kesehatan yang lain.

Mulai dari kehilangan nafsu makan, pingsan, muncul batu ginjal, sering buang air kecil, nyeri dada, kram otot, disfungsi ereksi, dan masih banyak masalah kesehatan yang lain. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Baca Juga: Waspadai, inilah 5 komplikasi diabetes melitus yang bisa terjadi

Gejala Tahap Akhir

Perubahan warna kulit jadi salah satu gejala sakit ginjal.

Very Well Health mengatakan bahwa fungsi ginjal bisa benar-benar tidak bekerja sehingga Anda membutuhkan transplantasi ginjal atau menjalani perawatan dialisis. Beberapa gejala sakit ginjal yang sudah benar-benar parah adalah nafsu makan turun, terus tidur di siang hari, perubahan warna kulit, dan lain-lain.

Selanjutnya: Inilah potensi penyakit yang ditandai kencing berbusa

Editor: Belladina Biananda
Terbaru