kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Efek samping daun kelor ini sebaiknya Anda waspadai


Sabtu, 10 Juli 2021 / 09:10 WIB
3 Efek samping daun kelor ini sebaiknya Anda waspadai


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kelor berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Meski demikian, Anda tetap perlu memerhatikan efek samping daun kelor yang bisa Anda alami.

Biasanya, beberapa efek samping dalam artikel ini muncul saat Anda mengonsumsi daun kelor dalam jumlah yang tidak sesuai dengan kondisi Anda.

Selain itu, kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau penyakit tekanan darah tinggi, juga bisa meningkatkan risiko kemunculan efek samping.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mendapat saran dosis yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Menurunkan jumlah gula darah

Mengutip dari Moringa Vinga, mengonsumsi daun kelor memang baik untuk penderita diabetes. Alasannya, karena kandungan dalam daun kelor mampu menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi daun kelor dalam jumlah yang berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi daun kelor justru bisa menurunkan jumlah gula darah terlalu banyak sehingga Anda mengalami hipoglikemia. Apalagi, jika Anda juga mengonsumsi obat diabetes lain.

Baca Juga: Catat! Ini 7 efek samping minum teh secara berlebihan untuk kesehatan

Berpengaruh pada hormon tiroid

Efek samping daun kelor berikutnya adalah bahan alami itu berpengaruh pada hormon tiroid yang tidak aktif. Akibatnya, efektivitas obat hipertiroidisme menjadi berkurang.

Jadi, jika Anda sedang minum obat tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi daun kelor.

Menurunkan tekanan darah

Salah satu efek samping daun kelor adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Jadi obat sakit kepala, cek 4 manfaat daun sirih ini

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi daun kelor. Meski demikian, ada efek samping daun kelor yang perlu Anda waspadai.

Moringa Vinga menyebutkan, mengonsumsi daun kelor bersama dengan obat hipertensi bisa memperburuk kondisi tubuh.

Tekanan darah justru turun di bawah batas normal sehingga kondisi kesehatan Anda dapat terganggu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, ya.

Meski memiliki beberapa efek samping, bukan berarti Anda tidak bisa mendapat manfaat daun kelor.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah dosis daun kelor yang Anda konsumsi. Baik ketika Anda mengonsumsi bahan alami itu secara langsung ataupun dalam bentuk suplemen.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun salam, cocok untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×