3 Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

Kamis, 28 Januari 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang

ILUSTRASI. Jahe bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab gusi bengkak yang bisa terjadi, salah satunya adalah gigi berlubang. Kondisi itu tentu saja membuat Anda kesulitan untuk mengunyah makanan. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, Anda perlu melakukan cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.

Biasanya, gigi berlubang tak hanya menimbulkan gusi bengkak. Masih banyak gejala lain yang dapat Anda alami. Mulai dari gusi berdarah, muncul rasa sakit, jarak antar gigi merenggang, hingga bau mulut yang tidak sedap.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Namun, untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa memakai bahan-bahan alami terlebih dahulu. Misalnya, air garam, minyak zaitun, jahe, dan lain sebagainya,

Air Garam

Air garam adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi yang mampu mengatasi peradangan. Tak hanya itu, air garam juga mampu menyeimbangankan pH mulut sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Caranya, campurkan 1 sdm garam ke segelas air hangat. Gunakan air campuran itu untuk berkumur di pagi dan malam hari. Supaya gusi bengkak bisa mengempis dengan lebih cepat, jangan lupa untuk berkumur dengan air garam setiap habis makan.

Baca Juga: Inilah 3 penyebab gusi belakang bengkak

Jahe

Mengutip dari Art of Smiles (artofsmilespasadena.com), jahe mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang berguna untuk meredakan gusi bengkak. Bahan yang Anda butuhkan hanya sepotong jahe kecil dan ½ sdt garam.

Pertama, tumbuk jahe hingga halus dan tambahkan garam. Aduk rata kedua bahan itu hingga membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pasta tersebut pada gusi bengkak lalu diamkan selama 10 hingga 12 menit. Selanjutnya, kumur dengan air biasa. Ulangi cara tersebut dua hingga tiga kali sehari.

Baca Juga: 4 Penyebab gusi bengkak pada anak, jangan panik!

Air Lemon

Salah satu cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang adalah dengan memakai air lemon.

Cara mengibati gusi bengkak karena gigi berlubang selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan air lemon. Lemon mengandung antimikroba sehingga infeksi bisa dicegah. Sama seperti air garam, air lemon juga mampu menyeimbangkan pH mulut.

Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah 1 sdm air lemon dan segelas air hangat. Art of Smiles merekomendasikan untuk menambah 1-2 tetes sari bunga mawar. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Obat sakit gigi berlubang, efektif dan mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru