3 Cara Mencegah Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui, Simak

Rabu, 06 Juli 2022 | 14:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
3 Cara Mencegah Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui, Simak

ILUSTRASI. Cara mencegah cacar monyet. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


KONTAN.CO.ID - Cacar monyet belakang menjadi salah satu wabah penyakit di beberapa negara dan patut diwaspadai. Terdapat beberapa cara mencegah cacar monyet yang perlu Anda ketahui atas rekomendasi dari WHO. 

Sebelumnya, cacar monyet adalah salah satu penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox. Sebetulnya, inang utama dari virus monkeypox adalah monyet sehingga penyakit ini disebut cacar monyet.

Mulanya, virus monkeypox menular dari hewan ke manusia. Oleh sebab itu, cacar monyet adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sangat patut untuk diwaspadai.

Baca Juga: Apa Itu Cacar Monyet? Kenali Gejala dan Penularannya

Lantas, bagaimana cara mencegah agar tidak terkena cacar monyet?

Melansir dari laman resmi World Health Organization (WHO), berikut beberapa cara mencegah cacar monyet yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia

Salah satu cara yang penting untuk mencegah cacar monyet adalah dengan mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia. 

Selama wabah cacar monyet pada manusia, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi adalah faktor risiko paling signifikan untuk terinfeksi virus cacar monyet.

Petugas kesehatan yang merawat pasien suspek atau konfirmasi infeksi virus monkeypox, atau menangani spesimen dari mereka, harus menerapkan kewaspadaan pengendalian infeksi standar.
 
Mengurangi risiko penularan zoonosis

Seiring waktu, sebagian besar infeksi pada manusia disebabkan oleh penularan primer dari hewan ke manusia. Kontak tanpa pelindung dengan hewan liar, terutama yang sakit atau mati, termasuk daging, darah, dan bagian lainnya harus dihindari.

Selain itu, semua makanan yang mengandung daging atau bagian hewan harus dimasak dengan matang sebelum dimakan karena juga berisiko menularkan cacar monyet.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Markisa, Salah Satunya Mampu Menjaga Kesehatan Jantung Loh

Membatasi perdagangan hewan

Di beberapa negara telah memberlakukan peraturan yang membatasi impor hewan pengerat dan primata non-manusia. Hewan penangkaran yang berpotensi terinfeksi monkeypox atau cacar monyet harus diisolasi dari hewan lain dan segera dikarantina.

Setiap hewan yang mungkin telah melakukan kontak dengan hewan yang terinfeksi cacar monyet harus dikarantina, ditangani dengan tindakan pencegahan standar dan diamati gejala cacar monyet selama 30 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru