3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Aman, Kurangi Karbohidrat Olahan

Selasa, 26 Juli 2022 | 12:14 WIB Sumber: Healthline,Healthline
3 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Aman, Kurangi Karbohidrat Olahan

ILUSTRASI. Begini cara cepat menurunkan berat badan dengan aman, kurangi karbohidrat olahan.


KONTAN.CO.ID - Ingat, menurunkan berat badan bukanlah jawaban untuk setiap masalah kesehatan. Cuma, kalau dokter menyarankan, begini cara cepat menurunkan berat badan dengan aman. 

Penurunan berat badan yang stabil, 0,5 kg hingga 1 kg per minggu, direkomendasikan untuk mengelola berat badan dalam jangka panjang yang paling efektif.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, beberapa cara berikut ini bisa membantu. Tetapi, penurunan berat badan yang cepat jarang berkelanjutan. 

Berfokus pada kesehatan jangka panjang dan kebiasaan yang bisa Anda pertahankan dari waktu ke waktu, ini akan membantu meningkatkan kesehatan dan lebih mungkin menghasilkan penurunan berat badan yang langgeng.

Baca Juga: Sedang Tren, Begini Cara Kerja Diet Nasi Putih yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Cara cepat menurunkan berat badan dengan aman

Berikut cara efektif menurunkan berat badan dengan aman, mengutip Healthline:

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati atau karbohidrat. 

Cara ini bisa dengan rencana makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Ketika Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar Anda turun, dan biasanya makan lebih sedikit kalori.

Dengan rencana makan rendah karbohidrat, Anda akan menggunakan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Jika Anda memilih untuk makan lebih banyak karbohidrat kompleks seperti biji-bijian bersama dengan defisit kalori, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. 

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi, diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

Penelitian juga menunjukkan, diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan, yang bisa menyebabkan makan lebih sedikit kalori secara alami tanpa memikirkannya atau merasa lapar.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Penderita Diabetes Makin Waspada

2. Makan protein, lemak, dan sayuran

Makan protein, lemak, dan sayuran bertujuan untuk memasukkan berbagai makanan di setiap makan. 

Untuk menyeimbangkan piring dan membantu menurunkan berat badan, makanan Anda harus mencakup:

  • sumber protein
  • sumber lemak
  • sayuran

Diet dengan protein yang cukup bisa membantu Anda mengurangi keinginan ngemil. Sumber protein yang sehat meliputi:

  • daging: sapi, ayam, dan kambing
  • ikan dan makanan laut: salmon, trout, sarden, dan udang
  • telur
  • protein nabati: kacang-kacangan, polong-polongan, quinoa, tempe, dan tahu

Baca Juga: 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol, Enggak Pakai Obat

Jangan takut untuk mengisi piring Anda dengan sayuran berdaun hijau. Sayuran dikemas dengan nutrisi, dan Anda bisa makan dalam jumlah yang sangat besar tanpa meningkatkan kalori dan karbohidrat.

Semua sayuran adalah makanan yang kaya nutrisi dan sehat untuk ditambahkan ke dalam diet Anda. Tapi, beberapa sayuran, seperti kentang, ubi jalar, labu musim dingin, dan jagung, lebih tinggi karbohidratnya.

Sayuran yang perlu Anda masukkan lebih banyak dalam piring:

  • brokoli
  • kol
  • bayam
  • tomat
  • kubis
  • selada
  • ketimun
  • paprika

Jangan takut makan lemak. Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak sehat apa pun rencana makan yang Anda pilih. 

Kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan alpukat merupakan tambahan yang lezat dan sehat.

Baca Juga: Cara Minum Air Putih agar Efektif Menurunkan Berat Badan

3. Gerakkan tubuhmu

Olahraga bisa membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Mengangkat beban memiliki manfaat yang sangat baik.

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar kalori dan membantu mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Cobalah latihan kekuatan tiga sampai empat kali seminggu. Jika Anda baru dalam mengangkat beban, pelatih mungkin bisa membantu Anda memulai. 

Jika angkat beban bukanlah pilihan bagi Anda, melakukan beberapa latihan kardio, seperti jalan kaki, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum.

Baik kardio dan angkat beban bisa membantu menurunkan berat badan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Untuk menentukan cara terbaik bagi Anda untuk menurunkan berat badan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi.

Itulah cara cepat menurunkan berat badan dengan aman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru