kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Obat Herbal yang Mudah Ditemukan


Jumat, 17 November 2023 / 16:24 WIB
3 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Obat Herbal yang Mudah Ditemukan
ILUSTRASI. 3 Cara Alami Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Obat Herbal yang Mudah Ditemukan.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Penderita kolesterol tinggi dapat memanfaatkan berbagai bahan alami untuk menurunkan kadar koelsterol tinggi.

Jenis kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat adalah penyebab dari penyakit kolesterol tinggi.

Agar level LDL pada darah tetap pada batas normal, Anda bisa mengonsumsi bahan-bahan alami untuk membantu menurunkan kolesterol.

Gun Gun Gunansah, pemimpin LKP Goen Goen Refleksi, Pontianak, Kalimantan Barat, memberikan beberapa tip menurunkan kolesterol jahat dengan herbal alami.

Merangkum dari situs Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, berikut ini beberapa tanaman herbal yang bisa menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga: 11 Sayur & Buah Penurun Tensi Tinggi yang Baik Dikonsumsi Rutin Penderita Hipertensi

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman herba rimpang yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Herbal satu ini sudah lama digunakan untuk membuat jamu hingga masakan. 

Jahe diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan peradangan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol LDL.

Untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dengan jahe, Anda bisa merebus jahe dan airnya bisa diminum secara rutin di pagi dan malam hari. 

Meskipun banyak obat-obatan alami yang bisa membantu menurunkan kolesterol, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter. 

Selain menggunakan bahan alami, Anda bisa mengombinasikan pengobatan untuk menurunkan kolesterol dengan mengubah gaya hidup, berolahraga, dan makan makanan bergizi seimbang. 

2. Air kelapa muda

Selain menyegarkan, Air kelapa ternyata mengandung lemak jenuh yang rendah dan baik untuk penderita kolesterol. 

Lemak jenuh sendiri diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 

Anda bisa mengganti minuman tinggi lemak jenuh dengan air kelapa muda, untuk membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan mempengaruhi penurunan kolesterol. 

Menurut Gun Gun, waktu terbaik meminum air kelapa muda adalah paling lama 15 menit setelah kelapa dikupas. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengatasi Masalah Perut yang Buncit, Cek Apa Saja Caranya Ini

3. Daun afrika

Daun afrika (Vernonia Amygdalina) atau bitter leaf, sudah cukup lama digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai kondisi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.

Daun afrika mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti polifenol, flavonoid, dan saponin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. 

Mengonsumsi obat alami kolesterol ini cukup mudah, Anda hanya perlu merebus 5 lembar daun afrika. Setelah mendidih, minumlah airnya saat pagi dan sore hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×