kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Bumbu Masak Ini Efektif Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi


Rabu, 11 Mei 2022 / 13:10 WIB
3 Bumbu Masak Ini Efektif Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi
ILUSTRASI. Kunyit efektif menurunkan kolesterol dan gula darah.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menurunkan kolesterol dan gula darah tidak harus dengan konsumsi obat kimia. Ini bumbu dapur yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah tinggi.  

Kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh harus dikelola agar tetap stabil. Bila kadar kolesterol dan gula darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan serius.

Baca Juga: Makanan yang Baik dan Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes   

Asal tahu saja, gula darah tinggi memicu penyakit diabetes. Sedangkan kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.  
Mengutip dari Kompas.com, diabetes dan kolesterol saling mempengaruhi. Perlu Anda tahu, diabetes cenderung menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan trigliserida serta kolesterol jahat.  

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, mengelola kolesterol dan gula darah bisa dilakukan dengan banyak cara beberapa di antaranya menjalankan gaya hidup sehat serta menjaga pola makan.  

Lainnya, beberapa jenis bumbu masak memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan gula darah. 

Bumbu dapur penurun kolesterol dan gula darah 

Ada banyak jenis bumbu dapur yang kerab digunakan sehari-hari. Namun, tahukah Anda beberapa jenis bumbu dapur bermanfaat menurunkan kolesterol dan gula darah? 

Ini bumbu dapur yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan gula darah: 

1. Bawang putih 

Anda pasti sudah tidak asing dengan bumbu masak yang satu ini. Ya, bawang putih memang populer di tanah air dan sejumlah negara lainnya. 

Mengutip dari FOOD NDTV, hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, bawang putih bisa meningkatkan insulin pada tikus.  Anda pun bisa memasukkan bawang putih dalam menu diet sehari-hari.

Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W menjelaskan Bawang putih mengandung allicin yang berperan menghambat pembentukan kolesterol. 

Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki efek farmakologis antiinflamasi, yang bisa menghambat peningkatan kadar LDL (koelsterol jahat). 

2. Kunyit 

Kunyit memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidance based Complementaru and Alternative Medicine mengungkapkan senyawa aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah.  

Tidak hanya itu, kurkumin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes. 

3. Jahe 

Kandungan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan kolesterol. Kandungan dalam jahe bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine melaporkan bubuk jahe bisa meningkatkan kontrol glikemik pada orang dewasa penderita diabetes tipe II yang tidak menggunakan insulin.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, jahe memiliki mekanisme pengendalian gula darah yang potensial.

Baca Juga: Merontokkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×