kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

2 Gejala Asam Lambung alias GERD yang Paling Umum, Wajib Tahu


Kamis, 29 Desember 2022 / 05:38 WIB
2 Gejala Asam Lambung alias GERD yang Paling Umum, Wajib Tahu
ILUSTRASI. Asam lambung adalah kondisi yang cukup umum yang terjadi ketika asam lambung dan isi perut lainnya kembali ke kerongkongan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu penyakit yang banyak diderita di bagian perut adalah asam lambung. Asal tahu saja, penyakit asam lambung adalah kondisi yang cukup umum yang terjadi ketika asam lambung dan isi perut lainnya kembali ke kerongkongan melalui sfingter esofagus bagian bawah (LES). 

LES adalah cincin otot yang terletak di saluran pencernaan tempat kerongkongan bertemu dengan lambung.  Ketika LES lemah atau rusak, ia mungkin tidak menutup dengan benar sehingga memungkinkan isi perut kembali ke kerongkongan dan menyebabkan gejala asam lambung.

Penyakit asam lambung yang sering terjadi dapat mengindikasikan penyakit refluks gastroesofagus (GERD), yakni bentuk asam lambung kronis yang lebih parah dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika tidak diobati.

Gejala asam lambung yang umum Asam lambung menimbulkan gejala yang beragam. Gejalanya bergantung pada organ apa yang terkena asam lambung. 

Baca Juga: Aneka Sayuran yang Efektif Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dilansir dari Healthline, gejala asam lambung dapat berkisar dari ringan hingga berat. Adapun gejala asam lambung yang umum meliputi: Mulas Mulas adalah gejala paling umum dari asam lambung. Perut terlindungi dari efek korosif asam lambung.

Jika sfingter esofagus bagian bawah tidak mencegah asam lambung keluar dari perut dan masuk ke kerongkongan, akan ada sensasi terbakar yang menyakitkan di dada. Mulas dapat berkisar dari tidak nyaman hingga menyakitkan.

Namun, tingkat keparahannya tidak selalu menunjukkan cedera permanen pada kerongkongan. Rasa asam Jika asam lambung naik sampai ke bagian belakang tenggorokan atau mulut, itu bisa menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut. 

Selain itu, mungkin juga mengalami sensasi terbakar di tenggorokan dan mulut. 

Baca Juga: Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Simak Ragam Manfaat Rutin Minum Teh Hijau Ini




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×