kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,47   6,12   0.66%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Tips Bagi Usia 40 Tahunan


Kamis, 04 Januari 2024 / 09:29 WIB
17 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Awet Muda, Tips Bagi Usia 40 Tahunan
ILUSTRASI. Cara mudah agar awet muda antara lain banyak minum air putih, rutin minum teh pagi hari, dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat memasuki usia 40 tahunan, salah satu isu yang kerap menjadi bahasan adalah bagaimana menjaga wajah agar tetap terlihat awet muda.

Banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara agar tetap awet muda meski umur sudah memasuki paruh baya.

Pasalnya, terlihat awet muda adalah dambaan semua orang.

Lalu bagaimana cara agar awet muda tanpa harus menjalani operasi plastik?

Usia memang terus bertambah, namun kita bisa menjaga diri agar tetap sehat dan bugar, yang pada akhirnya juga membuat diri kita tampil awet muda. Sebagian dari kita sibuk mencari cara awet muda dari berbagai sumber, seperti internet, buku, tayangan media, dan lainnya.

Padahal, sering kali cara kulit tampak awet muda juatru berasal dari kebiasaan kecil yang kita terapkan setiap hari secara konsisten. Itu bisa merupakan rutinitas sederhana seperti membiasakan diri jalan kaki, memperbanyak makan sayur, atau bahkan hal sederhana seperti banyak tertawa.

Cara awet muda lewat rutinitas harian

Asupan nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda. Menurut MedicineNet, kombinasi nutrisi, pola makan, dan gaya hidup sehat dapat membantu kita mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Berikut sejumlah rutinitas harian yang bisa menjadi cara awet muda:

1. Rajin menggunakan tabir surya

Cara keempat agar awet muda tanpa operasi plastik adalah rajin menggunakan tabir surya. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Australia meneliti 900 pria dan wanita selama 4,5 tahun. Mereka kemudian menemukan bahwa subjek yang diinstruksikan menggunakan tabir surya setiap hari memiliki lebih sedikit kerutan dan bintik hitam dibandingkan subjek yang tidak melakukannya. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Efektif Mencegah Penuaan Pada Laki-Laki

2. Banyak minum air putih

Cara kelima agar awet muda tanpa operasi plastik adalah banyak minum air putih. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air dan kulit adalah organ terbesar di tubuh kita. Jadi, jika ingin mengetahui rahasia awet muda, salah satunya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari sehingga kulit tidak terlihat kering dan kusam, serta menciptakan kerutan.

Menurut pakar kebugaran dan nutrisi sekaligus penulis Belly Fat Diet For Dummies, Erin Palinski-Wade, RD, CDE, semakin terhidrasi, kulit akan terlihat semakin berisi, halus, dan awet muda. Menjaga tubuh tetp terhidrasi juga dapat meningkatkan energi dan melawan keinginan makan makanan tidak sehat sehingga kita lebih mudah menjalankan tujuan olahraga dan kebiasaan makan yang sehat. 

3. Meluangkan waktu untuk aktivitas luar ruangan

Cara keenam agar awet muda tanpa operasi plastik adalah rutin beraktivitas di luar ruangan. Salah satu rahasia awet muda adalah meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas di luar ruangan dan menggabungkan elemen alam ke dalam rutinitas harian kita seiring bertambahnya usia.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan melalui jurnal Health & Place, berada dekat alam, termasuk jalan kaki di taman atau membaca buku di pinggir danau, membuat individu yang lebih tua relatif lebih kuat secara fisik, spiritual, dan aktif secara sosial. Semuanya berkontribusi terhadap kualitas hidup yang lebih baik dan dapat membantu melawan penuaan. 

Baca Juga: Waktu Ideal Mengganti Seprai dan Cara Terbaik Mencucinya




TERBARU

[X]
×