17 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
17 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

ILUSTRASI. Cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen.


KONTAN.CO.ID - Kantung mata seringkali  membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kantung mata perlu mengetahui cara menghilangkan kantung mata.

 

Kantung mata adalah kondisi pembengkakan ringan yang terjadi di bawah mata. Kantong mata lazim terjadi orang-orang berusia lanjut lantaran jaringan di sekitar mata yang semakin melemah.

Pertambahan usia memang menjadi penyebab utama kantung mata menjadi kendur, bengkak, bahkan terlihat menggelap. Seiring pertambahan usia, otot-otot di area mata semakin melemah sehingga tidak dapat menopang kulit dan jaringan di area mata seperti sebelumnya.

Sementara kantung mata pada seseorang di usia muda, bisa disebabkan beberapa faktor. Seperti kurang tidur maupun kondisi medis tertentu. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kantung mata? 

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan sampai Kecantikan, Ini 5 Manfaat Bunga Chamomile

Cara menghilangkan kantung mata

Cara menghilangkan kantung mata

Berikut ini 17 cara menghilangkan kantung mata, termasuk cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen, sebagaimana dikutip dari Healthline:

1. Teh

Cara menghilangkan kantung mata pertama adalah menggunakan teh. Teh bukan hanya untuk diminum. Namun, Anda dapat menggunakan teh berkafein untuk diusapkan di bawah mata Anda untuk membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata.

Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit Anda. Hal itu juga bisa melindungi dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Khususnya teh hijau yang memiliki efek anti-inflamasi dan sudah dibuktikan di beberapa penelitian.

Baca Juga: 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, mulai Wajah hingga Kaki

Berikut ini cara menghilangkan kantung mata dengan teh:

  • Seduh dua kantong teh selama 3 hingga 5 menit.
  • Biarkan kantong teh menjadi dingin di lemari es selama 20 menit.
  • Kemudian, peras cairannya oleskan ke area bawah mata Anda.
  • Lalu, diamkan selama 15 hingga 30 menit.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Susu untuk Kulit Wajah, Merawat Kecantikan Kulit!

2. Gunakan kompres dingin

Cara menghilangkan kantung mata kedua adalah dengan air dingin. Caranya, Anda hanya perlu melakukan kompres pada area kantung mata.

3. Bersihkan sinus dengan neti pot

Cara hilangkan kantung mata ketiga yaitu dengan neti pot. Beberapa orang berkeyakinan bahwa menggunakan neti pot dapat membantu menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam.

Sebab, salah satu penyebab kantung mata adalah flu atau pilek. Neti pot adalah alat berupa teko kecil, berisi larutan air garam yang dapat menghilangkan cairan berlebih karena alergi, sinus, maupun flu. 

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan, Perawatan Alami Rumahan

4. Tetap terhidrasi

Cara menghilangkan kantung mata

Cara menghilangkan kantung mata keempat yakni dengan minum air putih secara teratur. Air membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Sehingga, jika Anda dehidrasi maka bisa menyebabkan munculnya kantung mata. 

Para ahli pun merekomendasikan minum sekitar 13 gelas cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 gelas cairan untuk wanita, per hari.

5. Antihistamin

Antistamin rupanya bisa dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata. Alergi dapat menyebabkan bengkak dan muncul lingkaran hitam di bawah mata. 

Anda juga mungkin mengalami mata kemerahan atau berair dan mata gatal. Reaksi ini disebabkan oleh respons sistem kekebalan Anda terhadap sesuatu yang mengiritasi atau alergen. 

Jika Anda merasa munculnya kantung mata kemungkinan terkait dengan alergi, tanyakan kepada dokter tentang penggunaan obat alergi yang dijual bebas (OTC).

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kacang Kenari untuk Kulit dan Rambut

6 Retinol

Krim retinol telah digunakan untuk berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, psoriasis, dan penuaan. Retinol juga bisa memperbaiki kekurangan kolagen. 

Bahan ini terkait dengan vitamin A dan tersedia dalam bentuk krim, gel, atau cairan. Nah, cara menghilangkan kantung mata dengan retinol yakni mengoleskannya ke kulit.

Retinol umumnya dioleskan ke kulit sekali sehari, sekitar setengah jam setelah mencuci muka. Jangan gunakan krim retinol atau konsumsi vitamin A tambahan jika Anda sedang hamil.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar, Yuk!

7. Gunakan produk pencerah

Krim pencerah kulit biasanya mengandung bahan yang disebut hydroquinone. Bahan ini mengganggu produksi melanin di kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi munculnya kantung hitam atau lingkaran di bawah mata.

Namun, krim yang mengandung hidrokuinon sebaiknya digunakan saat malam hari. Hidrokuinon mungkin menyebabkan kemerahan atau kulit kering pada pemilik kulit sensitif, tapi efek ini akan menghilang seiring waktu.

Hentikan penggunaan jika Anda memiliki reaksi. Jadi cara menghilangkan kantung mata dengan produk pencerah juga harus hati-hati.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kacang Kenari untuk Kulit dan Rambut

8. Kenakan tabir surya setiap hari

Melindungi kulit Anda dari sinar Matahari dapat membantu sejumlah masalah dermatologis, seperti penuaan dini, dan kanker kulit.

Sehingga, memakai tabir surya juga dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam Anda.

American Academy of Dermatology menyarankan agar orang memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB penting. Begitu juga memilih formula yang SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

Baca Juga: Daftar Makanan Penyebab Kulit Berminyak, Cek Makanan yang Bagus untuk Kulit Berminyak

9. Terapi microneedling

Cara menghilangkan kantung mata berikutnya adalah melalui terapi microneedling. Microneedling juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen. 

Para ahli mengatakan, terapi tersebut dapat mengurangi kerutan, jaringan parut, dan bahkan masalah pigmen, seperti lingkaran hitam dan kantung mata. Prosedur ini melibatkan jarum halus yang digunakan untuk menusuk kulit yang berfungsi meremajakan kulit yang sedang dirawat.

Cara menghilangkan kantung mata ini bukanlah instan. Ini biasanya dilakukan selama enam sesi dengan jarak satu bulan atau lebih. Biaya microneedling lebih murah daripada prosedur laser tradisional.

Baca Juga: 4 Fakta Keistimewaan The Beast, Mobil yang Ditunggangi Joe Biden di Bali

10. Bersihkan wajah sebelum tidur

Rutin membersihkan wajah sebelum tidur juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh tidur dengan riasan di wajah. 

Pertama, jika Anda tidur dengan maskara atau riasan mata lainnya di mata, Anda mungkin akan mengalami reaksi alergi hingga infeksi yang menimbulkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya.

Selain itu, tidur dengan masih memiliki riasan di wajah juga bisa menyebabkan kulit terpapar radikal bebas dan penuaan dini. 

Baca Juga: 4 Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dikombinasikan dengan Retinol, Yuk Cari Tahu!

11. Gunakan bantal yang tinggi saat tidur

Cara menghilangkan kantung mata ini cukup alami. Coba gunakan bantal yang tinggi saat tidur. Sebab, meninggikan posisi kepala saat tidur dapat membantu mencegah pengumpulan cairan di kelopak mata bawah yang menyebabkan mata bengkak. 

12. Tidurlah minimal delapan jam

Cara menghilangkan kantung mata

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Kebanyakan orang dewasa harus tidur minimal tujuh hingga delapan jam setiap malam.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Serum Bantu Atasi Keriput dan Mata Panda, Tertarik Coba?

13. Konsumsi makanan kaya kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata Anda melemah. Hal ini membuat kulit dan lemak di sekitar mata juga ikut mengendur. 

Meningkatkan asupan vitamin C adalah satu dari sekian cara menghilangkan kantung mata. Sebab, vitamin C dapat membantu tubuh Anda menyerap lebih banyak asam hialuronat yang berperan dalam melembapkan kulit. 

Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh. Namun, jumlahnya semakin berkurang seiring bertambahnya usia. 

Makanan kaya vitamin C dan asam amino juga dapat membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat Anda, sehingga menciptakan kulit yang lebih sehat.

Baca Juga: Hindari Mata Memerah, Begini 7 Tahap Memakai Softlens yang Tepat

14. Konsumsi lebih banyak makanan kaya zat besi

Anemia defisiensi besi adalah kondisi di mana darah kekurangan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata dan bahkan kulit pucat.

Untuk itu, salah satu cara menghilangkan kantung mata adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Makanan kaya zat besi meliputi daging merah, babi, dan unggas, makanan laut, kacang polong, sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan bayam, kismis, aprikot, dan buah-buahan kering lainnya.

Jadikan makanan kaya zat besi sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Kantung Mata Kendur dengan Benar

15. Kurangi makanan asin

Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin mungkin merupakan penyebab kantung mata. Garam berkontribusi pada retensi cairan tubuh dan dapat membuat tubuh bengkak secara keseluruhan.

Hal ini juga memicu masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Mengurangi garam adalah cara menghilangkan kantung mata yang bisa Anda coba.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 2.300 miligram (mg) garam atau kurang dari itu setiap hari. Idealnya, orang dewasa sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 mg garam setiap hari.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

16. Kurangi alkohol

Kurangi atau bahkan berhenti minum alkohol juga merupakan cara menghilangkan kantung mata. Minum alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Sementara, dehidrasi dapat menyebabkan kantong dan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

17. Berhenti merokok

Cara menghilangkan kantung mata terakhir adalah dengan berhenti merokok. Merokok bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kerutan, perubahan warna kulit, bahkan kantung mata dan lingkaran hitam.

Berhenti merokok juga membantu sejumlah masalah kesehatan lainnya. Anda dapat berumur panjang, menghilangkan gigi bernoda, mengurangi risiko terkena diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker tertentu.

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru