12 Obat asam urat alami yang bisa dipertimbangkan!

Jumat, 11 Juni 2021 | 08:56 WIB Sumber: Kompas.com
12 Obat asam urat alami yang bisa dipertimbangkan!

ILUSTRASI. Air lemon bisa meredakan gejala asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mengobati asam urat secara alami, Anda bisa mempertimbangkan sejumlah bahan makanan dan tanaman herbal. 

Penyakit asam urat adalah penyakit yang bisa timbul akibat peningkatan kadar asam urat dalam darah sampai melebihi batas normal. 

Asam urat ini kemudian menumpuk dalam ruang sendi dan menyebabkan gangguan pada jaringan sendi. 

Merangkum WebMD, apabila sudah melebihi ambang batas, asam urat dalam darah memang tidak akan bisa larut lagi. Senyawa ini pada akhirnya akan mengendap menjadi kristal asam urat dan masuk ke organ tubuh, terutama ke dalam persendian. 

Kristal asam urat ini lantas dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Hal itu memicu sel-sel kekebalan untuk memusnahkannya. 

Munculnya immune cells ini akan menimbulkan reaksi peradangan atau inflamasi yang menyebabkan nyeri dan bengkak kemerahan di persendian yang terkena, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan. 

Untuk mangatasi penyakit asam urat atau gout, dokter bisa saja memberikan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan pasien. Tapi beberapa pengobatan alami mungkin dapat juga membantu untuk meredakan gejala asam urat. 

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan dan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami untuk dipertimbangkan: 

1. Ceri 

Dilansir dari Health Line, menurut sebuah survei yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Rheumatology pada 2016, konsumsi buah ceri adalah pengobatan rumahan yang sangat populer untuk penyakit asam urat dan berpotensi berhasil bagi banyak orang.  

Buah ceri yang dimaksud dalam survei ini adalah buah ceri apa pun, baik yang memiliki rasa asam atau manis, berwarna merah atau hitam, maupun dalam bentuk buah sehar, jus, atau ekstrak. 

Sebuah studi yang diterbitkan Journal Arthritis & Rheumatology pada 2012, juga menyarankan ceri sebagai obat asam urat alami karena dapat bekerja mencegah serangan asam urat. 

Studi ini mengungkap peningkatan asupan ceri selama 2 hari bisa menurunkan risiko serangan asam uar hingga 35 persen pada orang-orang yang sebelumnya telah didiagnosis mengalami gout. 

Ceri bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami karena mengandung antosianin tinggi. Antosianin merupakan senyawa antiinflamasi. 

Para peneliti menumukan ada manfaat pengurangan gejala asam urat bagi penderita penyakit asam urat yang makan ceri utuh atau jus ceri, termasuk penderita yang memilih mengonsumsi suplemen ekstrak ceri. 

2. Makanan tinggi magnesium

Makanan yang mengandung magnesim tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Beberapa ahli mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk tekanan inflamasi kronis di tubuh. 

Lagi pula, sebuah studi yang diterbitkan dalam PLoS One ada 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat. 

Tapi, penelitian tersebut melaporkan reaksi ini cenderung hanya berlaku untuk pria, tidak pada wanita. Cobalah mengonsumsi makanan kaya magnesium setiap hari. Hal ini diyakini dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang. 

3. Lemon

Dilansir dari Medical News Today, para penulis studi yang diterbitkan dalam Journal Annals of the Rheumatic Diseases pada 2015, menemukan bahwa menambahkan sari dari dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat pada penderita asam urat. 

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon bisa membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya. 

4. Brotowali 

Brotowali atau akar ali-ali adalah tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah atau tumbuh liar. Orang menggunakannnya dengan cara merebus batangnya, lalu diminum air rebusannya. Meski rasanya sangat pahit, brotowali dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. 

Sebuah penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Pyhto Journal, mengungkap bahwa sari batang brotowali efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Studi lain pada tahun 2014 oleh Goel B menyebutkan bahwa brotowali memiliki efek antiinflamasi dan meredakan nyeri pada binatang pengerat. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek ini pada manusia. 

5. Kunyit 

Kunyit juga memliki efek antiinflamasi. Sudah banyak studi yang membuktikan efektivitas kunyit sebagai antiinflamasi pada gejala asam urat, seperti artritis. Tapi, perlu dipahami bahwa kunyit hanya bisa meringankan gejala peradangan yang terjadi pada penyakit asam urat. 

Di mana, rampah ini tidak dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

6. Habatusauda 

Melansir Kompas.com (29/6/2020), habatusauda atau jintan hitam dilaporkan telah digunakan lebih dari 2000 tahun oleh orang Yunani dan Timur Tengah untuk berbagai pengobatan. Karena memiliki efek anti radang, habatusauda dianggap sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. 

Selain itu, manfaat habatusauda juga meliputi beberapa hal berikut: 

- Meredakan asma 

- Mengatasi flu dan alergi 

- Mengurangi tekanan darah tinggi 

- Mencegah batu empedu 

- Mencegah kanker 

7. Sambiloto 

Meski rasanya pahit, sambiloto memiliki banyak kandungan zat kimia, seperti alkane, keton, aldehid, flavanoid, kalsium, kalium, dan natrium. Tanaman tersebut juga bersifat antinyeri, antiinflamasi, dan dapat menawarkan racun. 

Sementara itu, untuk meramu sambiloto sebagai obat asam urat, bisa memanfaatkan daunnya. Cara memanfaatkan sambiloto sebagai obat asam urat alami, yakni sebagai berikut: 

- Siapkan sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, daun komfrey 5-10 gram, lada 1 gram dan 5 gelas air 

- Rebus semua bahan dan sisakan hingga tiga gelas 

- Minum hasil rebusan untuk tiga kali sehari masing-masing satu gelas 

- Minum satu jam sebelum makan, atau dua jam usai makan 

8. Kumis kucing 

Tanaman ini telah dikenal sebagai penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretiknya juga dapat membantu membuang asam urat berlebih melalui kencing. 

Cara meramunya, yakni sebagai berikut: 

- Siapkan daun kumis kucing kering 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, dan kapulaga kering 10 gram 

- Rebus semua bahan bersama satu liter air sampai tersisa 500 ml 

- Gunakan untuk diminum tiga kali sehari 

9. Daun salam 

Daun salam tak hanya dapat membuat masakan terasa makin nikmat. Daun salam ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. 

Caranya meramunya, yakni sebagai berikut: 

- Rebus 10-25 daun salam dengan 3 gelas air 

- Sisakan satu gelas dan jadikan untuk dua kali minum 

10. Jahe merah 

Jahe merah adalah tanaman herbal yang memiliki khasiat anti peradangan. Oleh sebab itu, jahe merah dianggap dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. 

Selain itu, jahe merah juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan. 

11. Teh hijau 

Teh hijau mengandung banyak polifenol yang bekerja sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat. 

Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat. 

12. Sidaguri 

Sidaguri adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, sawah, dan tempat-tempat dengan sinar matahari langsung atau sedikit terlindung. Namun, siapa sangka, sidaguri terbukti mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya. 

Kandungan senyawa tersebut diketahui dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti: 

- Efek mendinginkan badan (anti demam) Melancarkan pencernaan 

- Menyusutkan jaringan (astringent) 

- Menguatkan stamina 

- Merangsang produksi air seni (diuretik) 

Selain efektif sebagai obat alami asam urat, sidaguri juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk  mengatasi hematuria, cystitis (peradangan kandung kemih), kelemahan seksual, dan kualitas sperma buruk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "12 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dipertimbangkan"
Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru