kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan: Turunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah


Sabtu, 29 Januari 2022 / 10:10 WIB
11 Manfaat Jahe untuk Kesehatan: Turunkan Kolesterol dan Kadar Gula Darah


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Manfaat jahe, termasuk jahe merah, sudah dikenal masyarakat sejak zaman dahulu kala. Namun, khasiat jahe paling dikenal adalah sebagai penghangat tubuh.

Jahe merupakan tumbuhan rimpang berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan ini masih masuk dalam keluarga rempah-rempah dari famili Zingirberancaea seperti kunyit, lengkuas, dan kapulaga. Ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan.

Jahe bisa digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan, dijadikan bubuk, atau sebagai minyak atau dibuat jus. Jahe juga terkadang ditambahkan ke makanan olahan sebagai bumbu dapur dan kosmetik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat diare anak dari bahan-bahan alami

11 Manfaat jahe untuk kesehatan

Nah berikut ini 11 manfaat jahe untuk kesehatan dikutip dari Healtline:

1. Sebagai penguat tubuh

Jahe memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional dan alternatif. Khasiat jahe telah lama digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan membantu melawan flu dan flu biasa, untuk beberapa nama kegunaannya.

Aroma dan rasa unik jahe berasal dari minyak alami yakni gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Ini bertanggung jawab atas banyak manfaat jahe.

Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, Misalnya, jahe dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang disebabkan oleh kelebihan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.

2. Obat mual

Manfaat jahe, termasuk manfaat jahe merah, dapat membantu meredakan mual dan muntah. Jahe juga dapat membantu mual terkait kemoterapi, termasuk mual bagi para ibu hamil di pagi hari.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1 sampai 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual. Meskipun jahe dianggap aman, bicarakan dengan dokter sebelum meminumnya dalam jumlah besar jika seseorang sedang dalam keadaan hamil.

Dianjurkan agar wanita hamil yang mendekati masa persalinan atau yang pernah mengalami keguguran agar menghindari jahe.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan gula darah secara alami, apa saja?

3. Menurunkan berat badan

Jahe dapat berperan dalam penurunan berat badan, hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan.

Manfaat jahe untuk kesehatan secara signifikan mengurangi berat badan, dan mengurangi rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Sebuah studi tahun 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas, menemukan bahwa jahe juga dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah yang tinggi sering dikaitkan dengan obesitas.

4. Dapat membantu mengatasi osteoartritis

Osteoartritis adalah masalah kesehatan yang umum. Penyakit ini membuat peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menggunakan manfaat jahe untuk mengobati penyakit ini, dan rupanya efektif meredakan rasa nyeri.

Studi lain dari 2011 menemukan bahwa kombinasi jahe topikal, damar wangi, kayu manis, dan minyak wijen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan osteoartritis lutut.

Baca Juga: Sederet manfaat bawang putih untuk kesehatan: meredakan keputihan sampai kolesterol




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×