kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,09   7,74   0.83%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

11 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai


Selasa, 31 Januari 2023 / 15:51 WIB
11 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai
ILUSTRASI. Gejala penyakit jantung yang paling lazim adalah nyeri pada dada.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Penyakit jantung adalah penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia. Sayangnya, masih agak sulit untuk mengenali gejala penyakit jantung.

Sebagian orang tidak menyadari dirinya tengah mengalami gejala penyakit jantung. Ini karena tanda penyakit jantung biasanya mirip dengan penyakit lain. 

Penyakit jantung sendiri merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang kejadiannya bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Penyakit jantung juga bukanlah penyakit tunggal. 

Tetapi, mengacu pada beberapa kondisi di mana terjadi masalah pada pembuluh darah yang mengalirkan pasokan darah atau jantung sendiri yang tak bisa berfungsi secara normal.

Lalu apa saja gejala awal penyakit jantung dan pencegahannya?

Baca Juga: 7 Manfaat Delima Bisa Mencegah Peradangan, Catat ya!

Gejala penyakit jantung

Gejala penyakit jantung

Dilansir dari laman British Heart Foundation, berikut ini 11 gejala penyakit jantung yang paling umum.

1. Nyeri dada

Gejala penyakit jantung yang paling lazim adalah nyeri pada dada. Itu adalah tanda klasik serangan jantung, namun banyak orang tidak menyadarinya sehingga bisa berakibat fatal. 

Jika nyeri dada adalah gejala penyakit jantung, maka biasanya disertai dengan rasa berat, sesak atau tertekan di dada.

Jika gejala sakit jantung ini muncul, Anda harus segera pergi menemui dokter. Jika kondisi darurat, mintalah tolong untuk dijemput menggunakan mobil ambulan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Cek!

2. Merasa sakit dan mual

Tidak setiap serangan mual sama dengan serangan jantung. Namun, jika Anda juga merasakan sakit, hal itu bisa jadi merupakan salah satu gejala penyakit jantung. 

Jika Anda mengalami nyeri dada dan mual yang hebat bahkan hanya saat duduk-duduk saja dan tidak melakukan apa-apa, bisa jadi hal itu merupakan salah satu gejala penyakit jantung. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

3. Sakit perut atau gangguan pencernaan

Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah sakit perut. Nyeri berupa gangguan pencernaan atau sensasi terbakar di dada atau perut bisa menjadi tanda gejala sakit jantung.

Ini terjadi karena jantung, kerongkongan (saluran antara mulut dan perut), dan perut semuanya terletak bersebelahan. Ketika jantung bermasalah, maka organ di sekitarnya juga akan terpengaruh. 

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Simak Yuk?

Gejala penyakit jantung

4. Terus berkeringat

Berkeringat ketika Anda pergi ke gym atau karena hari yang sangat panas, itu tidak perlu dikhawatirkan. Tapi merasa panas, lembap, dan berkeringat disertai nyeri dada adalah gejala penyakit jantung.

5. Sakit kaki

Jika Anda merasakan sensasi mencengkeram dan kram di betis saat berjalan, mungkin ada baiknya Anda menemui dokter. Bisa jadi hal itu bisa menjadi penanda PAD (penyakit arteri perifer). 

Gejala penyakit jantung ini sangat umum pada perokok dan orang yang menderita diabetes. 

Baca Juga: Jangan Ragu, Ini 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

6. Nyeri lengan

Gejala penyakit jantung keenam adalah nyeri pada lengan. Jika rasa sakit menjalar ke lengan, terutama lengan kiri, atau ke leher, itu lebih mungkin berhubungan dengan jantung daripada gangguan pencernaan. 

7. Sakit rahang atau punggung

Gejala penyakit jantung ini bisa jadi tidak banyak disadari orang. Dengan adanya serangan jantung, bisa menjalar menjadi rasa sakit di rahang, atau punggung. 

Sekali lagi, jika sakit rahang ini tidak hilang, Anda harus segera menghubungi dokter.  

Baca Juga: Sudah Tahu 6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan? Yuk Simak!

8. Sensasi tersedak

Terkadang sesak atau sakit bisa terjadi di tenggorokan saat gejala penyakit jantung muncul. Bagi Anda yang mungkin tidak memiliki riwayat penyakit jantung, cukup datang dan memeriksakan diri ke dokter.

Namun, apabila Anda pernah terserang penyakit jantung atau mengalami gejala penyakit jantung lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya segera memanggil ambulans saat merasakan sensasi tersedak.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Gejala penyakit jantung

9. Pergelangan kaki bengkak

Pergelangan kaki bengkak juga jadi salah satu gejala penyakit jantung. Gejala sakit jantung ini tidak boleh diabaikan, terutama jika pergelangan kaki menjadi sangat besar.

Karena kondisi ini bisa menjadi penanda gagal jantung. Tetapi, bisa jadi pergelangan kaki bengkak juga merupakan gejala penyakit lainnya. Jika pergelangan kaki Anda bengkak, ada baiknya segera ke dokter.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Tekanan Darah Tinggi Minum Kopi?

10. Kelelahan ekstrim

Merasa lelah sepanjang waktu bisa menjadi gejala penyakit jantung. Namun, kelelahan ekstrim juga bisa menjadi gejala umum pada penyakit lainnya. 

Jika Anda lelah dan telah bekerja berjam-jam atau begadang, mungkin ini adalah kelelahan biasa. Namun, jika Anda mulai mengalami kelelahan yang ekstrim dan disertai dengan belum berhenti dari gaya hidup tidak sehat, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Baca Juga: Yuk Catat 4 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh, Cek!

11. Detak jantung tidak teratur

Gejala penyakit jantung terakhir adalah detak jantung yang tak beraturan. Kondisi ini disebut dengan fibrilasi atrium yang dapat meningkatkan risiko stroke.

Dokter umumnya menyarankan bahwa detak jantung yang melonjak biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, jika jantung Anda bekerja sangat cepat dan melompat-lompat tidak menentu maka saat itulah Anda harus menemui dokter.

Itulah sederet gejala penyakit jantung yang cukup umum tampak dari penderita sakit jantung. Gejala awal penyakit jantung dan pencegahannya harus Anda ketahui agar selalu siap siaga dalam kondisi apa pun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×