kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Pisang untuk Kehamilan yang Perlu Diketahui


Rabu, 11 Mei 2022 / 14:02 WIB
10 Manfaat Pisang untuk Kehamilan yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat pisang.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Pisang adalah makanan yang punya banyak manfaat terutama bagi ibu hamil. Manfaat pisang dari kandungan vitamin esensial, mineral, karbohidrat, dan serat makanan. 

Dirangkum dari laman Parenting Firstcry, pisang kaya akan sumber karbohidrat, serat makanan, asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, Vitamin C, Vitamin B-kompleks, dan mineral seperti mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, dan selenium.  

Semua nutrisi ini membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan. Makan pisang juga bisa meredakan beberapa komplikasi yang muncul selama kehamilan dan bisa bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Baca Juga: Boleh dan Amankah Nanas Dikonsumsi Penderita Asam Lambung?

10 Manfaat makan pisang selama kehamilan 

Beberapa manfaat makan pisang selama kehamilan adalah sebagai berikut:  

1. Membantu meredakan rasa mual dan muntah  

Manfaat pisang kaya akan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual dan morning sickness. Sehingga, makan pisang, terutama pada trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan bagi wanita hamil. 

2. Membantu menurunkan risiko edema 

Banyak wanita hamil mengalami edema atau penumpukan cairan tubuh pada trimester kedua dan ketiga kehamilan mereka. Edema dapat menyebabkan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan persendian lainnya.  

Nah, manfaat pisang dapat menurunkan risiko edema. Jika Anda melihat pembengkakan pada persendian atau pergelangan kaki, hindari mengonsumsi makanan asin dan perbanyak konsumsi pisang untuk membantu mengurangi pembengkakan. 

Baca Juga: 5 Buah yang Efektif Menurunkan Darah Tinggi, Wajib Coba

3. Memberikan energi bagi ibu hamil  

Pisang kaya akan karbohidrat karena mengandung gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh untuk memberikan dorongan energi secara langsung.

Selama trimester terakhir kehamilan, makan pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat. Manfaat pisang bahkan akan membantu Anda melawan kelelahan dan meningkatkan energi. 

4. Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi 

Pisang merupakan sumber folat yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. 

Manfaat pisang selama kehamilan meningkatkan kadar folat dalam tubuh sehingga menurunkan kemungkinan kekurangan folat, yang diketahui menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan dan Minuman yang Baik untuk Radang Tenggorokan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×