kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat air mawar, mengurangi kemerahan dan iritasi kulit


Rabu, 21 Juli 2021 / 11:52 WIB
10 Manfaat air mawar, mengurangi kemerahan dan iritasi kulit


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali manfaat air mawar, salah satunya untuk kesehatan kulit. Kegunaan air mawar yang kaya vitamin dan antioksidan yakni untuk masker wajah.

Air mawar sendiri diolah dari hasil penyulingan kelopak bunga. Fungsi air mawar ini sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Iran dan Mesir. 

Berikut ini 10 manfaat air mawar sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kaya antioksidan

Ada banyak manfaat air mawar untuk wajah. Ini karena air ini kaya antioksidan kuat yang bisa melindungi kulit wajah dari kerusakan sel.  Dalam sebuah studi menemukan bahwa antioksidan dari mawar memiliki efek penghambatan peroksidasi lipid yang melindungi sel kulit.

2. Mengurangi kemerahan kulit

Manfaat air mawar telah lama digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, sehingga tidak mengherankan jika fungsi air mawar dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit. 

Sifat antibakteri dapat membantu mengurangi jerawat. Kemudian sifat anti-inflamasi dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Baca Juga: Alami anosmia akibat Covid-19? Ini 2 terapi sederhana untuk memulihkannnya

3. Mengatasi iritasi kulit

Salah satu kegunaan air mawar terbesar adalah sifat anti-inflamasi yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal. Bahkan dapat membantu menenangkan iritasi eksim atau rosacea.

4. Meredakan sakit tenggorokan

Dokter sering meresepkan antibiotik untuk sakit tenggorokan, tetapi Anda mungkin bisa mencoba air mawar sebagai pengganti obat dari dokter. 

Manfaat air mawar secara tradisional telah digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun masih diperlukan penelitian untuk membuktikan keefektifannya.

5. Obat infeksi mata

Kegunaan air mawar berikutnya yakni terkait dengan kesehatan mata. Manfaat air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi.

Karena itu, air mawar sering digunakan dalam berbagai pengobatan alami dan obat-obatan. Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika air mawar digunakan dalam obat tetes mata untuk mengobati penyakit mata.

Baca Juga: Fakta Gejala Covid-19 Happy Hypoxia yang Tak Disadari




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×