10 Makanan yang Harus Dijauhi Penderita Asam Lambung, Jangan Coba-coba Konsumsi

Selasa, 22 Maret 2022 | 09:21 WIB Sumber: Kompas TV
10 Makanan yang Harus Dijauhi Penderita Asam Lambung, Jangan Coba-coba Konsumsi

ILUSTRASI. Penderita penyakit gastrisitis atau biasa yang disebut asam lambung harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Penderita penyakit gastrisitis atau biasa yang disebut asam lambung harus hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Pasalnya, asam lambung merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan pada tubuh.

Para penderita asam lambung biasanya mengalami keluhan mulai dari perut kembung, mual, hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Naiknya asam lambung ini sebagian besar disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi penderita. Makanan yang dengan mudah memicu naiknya asam lambung ialah makanan asam atau pedas.

Jika kamu mempunyai gejala asam lambung, hindari 10 makanan berikut yang dikutip dari The Daily Meal:

1. Minuman Bersoda, Kopi dan Teh

Ketiga minuman diatas merupakan minuman yang mengandung kafein. Kafein merupakan zat yang bisa memicu kenaikan asam lambung.

Bahkan gelembung dari soda bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi minuman tersebut dengan secukupnya atau mengganti kopi menjadi kopi decaf yang rendah kafein.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Cara Mengatasi Mual Akibat Asam Lambung Naik

2. Daging Merah

Daging merah termasuk makanan yang mempunyai lemak tinggi. Daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah.

Tapi kamu masih bisa kok untuk mengonsumsi daging merah ini asal dengan porsi yang secukupnya agar tidak memicu naiknya asam lambung.

3. Coklat

Rasanya yang manis memang membuat banyak orang suka ketika mengonsumsi coklat. Tapi untuk penderita asam lambung, konsumsinya harus dikurangi.

Coklat yang mengandung banyak lemak dan kafein bisa memicu refluks asam kamu naik jika mengonsumsinya secara berlebih.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru