kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Gejala yang Wajib Diwaspadai, Muncul di Kaki, Kulit, dan Ketiak


Jumat, 13 Januari 2023 / 11:07 WIB
10 Gejala yang Wajib Diwaspadai, Muncul di Kaki, Kulit, dan Ketiak
ILUSTRASI. Gejala diabetes di antaranya luka yang sulit sembuh, kerap merasa kelelahan, termasuk gangguan penglihatan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Diabetes saat ini menjadi salah satu momok kesehatan di Indonesia. Pasalnya, diabetes termasuk salah satu penyakit yang dijuluki sebagai silent killer. 

Diabetes adalah penyakit kadar gula darah tinggi yang tidak normal. Dilansir dari laman Siloam Hospital, ada beberapa gejala yang memberi sinyal bahwa orang berisiko atau mengidap diabetes. 

Gejala diabetes di antaranya luka yang sulit sembuh, kerap merasa kelelahan, berat badan turun drastis, termasuk gangguan penglihatan. 

Di samping beberapa tanda yang sudah disebutkan, orang yang mengalami diabetes dapat merasakan beberapa gejala di kulit sebagai berikut: 

1. Bercak kulit 

Tanda lain yang mengindikasikan orang mengalami diabetes adalah vitiligo yang membuat kulit kehilangan pigmentasi dan muncul bercak. 

Bercak bisa muncul di wajah, tangan, maupun dada dan para ahli meyakininya sebagai kondisi autoimun pada diabetes tipe 1. 

Penelitian yang dipublikasikan pada Juli 2016 di BioMed Research International sempat menelisik keterkaitan vitiligo dan diabetes tipe 1. 

Sayangnya tidak ada obat namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan terapi steroid dan cahaya. Penting juga untuk mengoleskan tabir surya dengan minimal 30SPF karena kulit yang kehilangan pigmentasi tidak terlindung dari sinar matahari. 

Baca Juga: Ini 7 Sayuran yang Dilarang Dikonsumsi saat Diet, Apa Saja?

2. Kulit melepuh 

Hal lain yang wajib diwaspadai penderita diabetes adalah munculnya lepuh pada kulit namun berisi cairan atau bullosis diabeticorum. 

Gangguan tersebut dapat muncul di beberapa tempat, seperti jari tangan, kaki, lengan, tangan, atau kaki. 

Luka seperti luka bakar melepuh akan muncul dan orang yang menderita neuropati diabetik punya risiko tinggi terkena bullosis diabeticorum. 

Kulit yang melepuh berisi cairan umumnya tidak terasa sakit dan dapat sembuh dalam beberapa minggu. 

3. Infeksi jamur 

Dikutip dari Everyday Health, orang yang terkena diabetes rentan mengalami infeksi jamur pada kulit mereka yang disebut juga Candida albicans. Dampak yang ditimbulkan oleh jamur mirip ragi ini adalah rasa gatal dan ruam kemerahan. 

Kedua masalah kulit tersebut seringkali dikelilingi sisik atau bekas lepuh, yang mudah muncul di sela-sela jari kaki atau ketiak. 

Orang yang menderita diabetes juga berisiko mengalami gatal di selangkangan, infeksi jamur di vagina, kurap, termasuk kutu air. 

Baca Juga: 9 Minuman Terbaik yang Bisa Bikin Asam Lambung Tak Berkutik




TERBARU

[X]
×