kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Gejala Bahaya di Paru-Paru, Cek ke Dokter Jika Mengalaminya


Kamis, 30 November 2023 / 10:21 WIB
10 Gejala Bahaya di Paru-Paru, Cek ke Dokter Jika Mengalaminya
ILUSTRASI. Penyakit paru-paru merupakan masalah kesehatan yang menyerang organ pernapasan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penyakit paru-paru merupakan masalah kesehatan yang menyerang organ pernapasan. Saat terkena penyakit paru-paru, seseorang umumnya jadi kesulitan bernapas. 

Beberapa jenis penyakit paru yang jamak diderita yakni asma, bronkitis, emfisema, pneumonia, kanker, sarkoidosis, fibrosis paru, TBC paru, sampai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Melansir Women’s Health, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit paru-paru. Antara lain merokok, terpapar gas radon, terkena asbes, sering terkena polusi udara, atau terinfeksi kuman (bakteri, virus, dan jamur). 

Untuk diketahui, berikut beberapa tanda penyakit paru-paru yang kerap tidak disadari: 

1. Produksi dahak berlebihan 

Lendir dari saluran pernapasan atau dahak adalah cairan yang diproduksi tubuh untuk pertahanan terhadap infeksi atau iritan. Saat ada infeksi bakteri, virus, jamur, atau sumber alergi, tubuh langsung memproduksi dahak. 

Namun, Anda perlu waspada jika produksi dahak berlebihan berlangsung lebih dari satu bulan. Kondisi tersebut bisa jadi gejala penyakit paru-paru. Terkadang produksi dahak berlebihan juga membuat penderita penyakit paru-paru suaranya berubah jadi serak. 

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah dibuktikan

2. Mengi 

Suara bising yang keluar saat tubuh kesulitan mengambil napas atau mengi bisa jadi ciri-ciri penyakit paru-paru seperti asma. Mengi terjadi saluran udara paru-paru mengalami penyempitan atau terhalang sesuatu. 

3. Batuk darah 

Tanda penyakit paru-paru yang sudah cukup parah salah satunya batuk berdarah. Kondisi ini biasanya dialami penderita kanker paru-paru, bronkitis kronis, sampai emfisema. Darah yang keluar bersama batuk ini biasanya berwarna merah cerah, cokelat, atau bercampur dengan lendir. 




TERBARU

[X]
×