Tips Sehat

10 Cara menurunkan berat badan secara sederhana, selain diet dan olahraga

Sabtu, 28 November 2020 | 13:09 WIB   Reporter: kompas.com
10 Cara menurunkan berat badan secara sederhana, selain diet dan olahraga

ILUSTRASI. Memperbanyak makan salad bisa menjadi cara menurunkan berat badan.. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Diet dan olah raga menjadi cara menurunkan berat badan banyak orang. Selain itu, ada cara menurunkan berat badan secara sederhana yang bisa dijalani banyak orang.

Sukses menurunkan dan mempertahankan berat badan bisa dicapai bila kita konsisten melakukan gaya hidup sehat setiap hari dan menjadikannya permanen.

Dengan kata lain, menurunkan berat badan perlu waktu dan ketekunan. Pasalnya, orang yang melakukan program diet terlalu ekstrim, justru kesulitan mempertahankan berat badannya.
Learn more "Kita memang harus membatasi produk susu, gula, karbohidrat, dan lainnya, tetapi mulailah secara bertahap," kata Dr.Brian Brown, Doktor bidang Pemulihan Tubuh yang juga praktisi, penulis, dan pembicara.

"Setelah bisa menghilangkan satu kebiasaan buruk, lanjutkan dengan hal lain secara bertahap, sehingga kita memiliki kebiasaan yang lebih sehat secara keseluruhan,” lanjutnya. Meskipun perlahan, namun cara tersebut lebih mudah dilakukan karena tidak membuat tubuh kita kaget.

Baca juga: Raja terkaya di dunia ini dituntut kembalikan aset US$ 40 miliar ke negara

Untuk kamu yang baru memulai program penurunan berat badan, berikut adalah tips sederhana sebagai cara menurunkan berat badan dimulai dari sekarang.

1. Jangan simpan makanan sehat di tempat yang sulit dijangkau

Cara menurunkan berat badan secara sederhana adalah dengan menyimpan makanan sehat yang mudah dijangkau. "Saat kamu membuka lemari es, hal pertama yang kamu lihat biasanya bukanlah sayuran — mengapa? Karena sayuran umumnya disimpan di laci di bagian bawah!” kata Candice Seti, Psy.D., CPT, CNC, Psikolog klinis yang juga merupakan ahli nutrisi.

Akibatnya, saat kamu membuka lemari es untuk mencari camilan, kamu cenderung tidak memilih sayur dan buah. “Kita cenderung fokus pada apa yang sejajar dengan mata. Padaha kebanyakan makanan yang ada di hadapan kita adalah camilan tidak sehat," kata Candice.

Jangan juga menyimpan makanan sehat dalam wadah yang buram yang tak terlihat dari luar. Sebagai gantinya, letakkan makanan sehat di wadah bening yang mudah terlihat. Sebaliknya, simpan makanan tidak sehat seperti roti manis, kue-kue, dan keripik asin di wadah buram dan masukkan ke dalam laci, yang jauh dari pandanganmu.

2. Tipu diri sendiri

Ada trik khusus yang bisa membuat diet kita berhasil dan bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan secara sederhana, yaitu seni menipu diri sendiri. Salah satu cara untuk menipu diri sendiri agar makan lebih sedikit adalah dengan mencoba membuat makanan terlihat sebesar mungkin.

"Jika kamu makan keju, pastikan untuk memarutnya dan menyebarkannya untuk menutupi permukaan yang lebih luas dibandingkan mengirisnya,” saran Shena Jaramillo MS, RD, ahli diet terdaftar dan aktivis kesehatan.

Kamu juga bisa menggunakan piring yang kecil setiap kali makan, agar merasa sudah makan sepiring penuh.
 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru